Koperasi Syariah dalam Pemberdayaan Anggota

Main Article Content

Herlis Lintang Nabilila

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari tertarikan penulias pada upaya pemberdayaan anggota yang dilakukan oleh koperasi syariah melalui pelatihan anggota yang semuanya adalah perempuan. karena pemberdayaan perempuan sangatlah menunjang perekonomian, dan perempuan merupakan mahluk lemah yang perlu diperhatikan guna menjadi masyarakat yang produktif. Penelitian ini di lakukan di KSPPS Muslimat NU Kamiliah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran koperasi syariah dalam memberdayakan anngota melalui pelatihan.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai instrument kunci dan sebagai alat pengumpulan data. Sumber data diperoleh dari pengurus dan anggota KSPPS Muslimat NU Kamiliah. Prosedur pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa koperasi Syariah berperan dalam memberdayakan anggota yang semuanya perempuan. Melalui pelatihan yang berupa pelatihan membuat bakso, kue kering dan kerajinan tangan (keaset). Dari pelatihan ini munculah usaha-usaha kecil dari anggota meskipun presentasinya masih kecil, dengan bantuan modal pembiayaan dari koperasi.

Article Details

How to Cite
Herlis Lintang Nabilila. (2020). Koperasi Syariah dalam Pemberdayaan Anggota. WADIAH, 4(1), 61–81. https://doi.org/10.30762/wadiah.v4i1.3078
Section
Articles