Price Earning Ratio (Per) terhadap Harga Saham Perusahaan
Main Article Content
Abstract
Price Earning Ratio (PER) adalah rasio yang membandingkan antara harga pasar per lembar
saham biasa yang beredar dengan laba per lembar saham.Suatu perusahaan yang memiliki PER
yang tinggi, berarti perusahaan tersebut mempunyai tingkat pertumbuhan yang tinggi hal ini
menunjukan bahwa pasar mengharapkan pertumbuhan laba dimasa mendatang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Price Earning Ratio (PER) terhadap
Harga Saham Perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2015 –
2018.Sampel penelitian terdiri dari 17 perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII)
selama periode penelitian dan dipilih dengan cara purposive sampling dari tahun 2015-2018. Data
yang diambil adalah data dari laporan keuangan yang tersedia di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Hasil penelitian dengan menggunakan rumus korelasi Pearson diperoleh r sebesar 0,616, yang
berarti ada hubungan yang kuat antara variabel Price Earning Ratio(X) terhadap variabel Haega
Saham (Y).Hasil uji T parsial menunjukkan nilai t signifikan 0,000 yang berarti bahwa Price
Earning Ratio (PER) berpengaruh terhadap Harga Saham Perusahaan yang tergabung dalam
Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2015-2018. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,380,
digunakan untuk mengetahui nilai kontribusi variabel X terhadap variabel Y. Nilainya adalah 38%
yang berarti terdapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y sebesar 38% selebihnya
dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan hasil dari regresi kinier sederhana menunjukkan Y= -
1582,479 + 0,562 PER. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebelum adanya variabel PER sudah
ada Harga Saham.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.