AnalisisNilai Tukar Rupiah dan Inflasi terhadap Harga Saham

Main Article Content

Moch. Rizki Rivaldi

Abstract

Harga saham daari suatu perusahaan bisa menunjukan kualitas kinerja perusahaanntesebut. Dari situlah kemudian harga saham ini menjadi penting daisamping untuk sekedar menilai kinerja perusahan, harga jual saham ini juga akan sangat membantu sebuah perusahaan disektor modal. Akan tetapi mempertahankan ataupun meningkatkan harga jual sham bukan hal yang mudah, banyak faktor yang dapat mempengaruhi harga saham baik internal maupun external. Diantara faktor externalnya adalah nilai tukar rupiah, inflasi, PDB, suku bunga deposito, jumlah uang beredar dan lain-lain.
Tujuam dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pengaruh external atau pengaruh luar perusahaan yang mempengaruhi harga saham perusahaan Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu nilai tukar rupiah dan inflasi dan variabel dependennya yaitu harga saham. Studi penelitian ini dilakukan pada perusahaan unilever indonesia Tbk. Populasi dalam penelitian ini sebesar 60 data harga saham unilever indonesia Tbk. yaitu mulai dari periode 2013-2017. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan Software SPSS 21.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 0,190 yang berarti harga saham dipengaruhi 19% oleh nilai tukar rupiah dan inflasi secara simultan. Selajutnya, dari hasil regresi diperoleh persamaan Y=5325,331+0,043X1+(-14965,248)X2. Dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa nilai tukar rupiah berpengaruh positif terhadap harga saham perusahan Unilever Indonesia Tbk. sedangkan inflasi mempunyai pengaruh negative terhadap harga saham perusahaan Unilever Indonesia Tbk. dengan demikian perusahaan bisa mengambil kebijakan yang tepat ketika terjadi perubahan nilai tukar rupiah dan inflasi.
Maka seharusnya menjadi perhatian bagi perusahaan yang menjual sahamnya di bursa saham untuk mengantisipasi pergerakan dari nilai tukar rupiah dan inflasi , agar harga saham perusahaan tersebut bisa stabil bahkan naik sesuai yang diharapkan perusahaan.

Article Details

How to Cite
Moch. Rizki Rivaldi. (2019). AnalisisNilai Tukar Rupiah dan Inflasi terhadap Harga Saham. WADIAH, 3(1), 63–84. https://doi.org/10.30762/wadiah.v3i1.3003
Section
Articles