Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Masyarakat Muslim Surakarta

Authors

  • Elistiya Cahya Wulaningsih UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Meilana Widyaningsih UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30762/wadiah.v9i1.1804

Keywords:

Marketing Mix, bauran pemasaran, minat menabung

Abstract

Pengaruh bauran pemasaran untuk meningkatkan minat menabung pada bank syariah. Pada saat ini perbankan syariah mengalami perkembangan dan kemajuan yang pesat namun dalam memperoleh nasabah perbankan syariah masih kalah dengan perbankan konvensional, mengingat hal utama masyarakat indonesia yang beragama muslim lebih dominan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner secara langsung dan melakukan wawancara kepada masyarakat yang berada di Surakarta, penyebaran dilakukan di lima kecamatan berikut : Pasar Kliwon, Jebres, Laweyan, Banjar sari, dan Serengan. Jumlah sampel yang diperoleh dari penyebaran kuisioner adalah 100 responden, dalam penelitian ini digunakan perangkat lunak SPSS untuk mengolah data dan menganalisis data menggunakan analisis linier berganda. Hasil uji T terdapat faktor yang mempengaruhi minat menabung yaitu faktor produk, harga, promosi, dan juga bukti fisik, sedangkan tempat, proses, orang, tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung. Uji F menghasilkan hasil bahwa produk, harga, promosi, tempat, proses, orang, dan bukti fisik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. 

References

Ayu Nirmala, Imelda, dan Yayuk Sri Rahayu, “Pengaruh Islamic Marketing Mix Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Dengan Minat Sebagai Variabel Mediasi,” Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5.2 (2022), 326–37 <https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).9430>

Bella, Sinta, Moh. Faizal, dan Fadilla Fadilla, “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Palembang Demang,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 3.1 (2023), 125–44 <https://doi.org/10.36908/jimpa.v3i1.157>

Buchari, dan Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, 2013

Eliana, dan Ayumiati, “Determinan Marketing Mix Syariah terhadap Peningkatan Nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh,” 10.2 (2019), 30–40

Fridayanto, Soni, Nur Laely, dan Budi Rahayu, “Pengaruh Motivasi, Stres Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. United Motors Centre,” … Riset Bisnis dan Ekonomi, 2.3 (2021) <https://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/risk/article/view/1793%0Ahttps://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/risk/article/download/1793/1540>

Johnson, Michael, dan Thomas Ming Hung Lee, “Diverse Savings Products and Costumer Choice,” Financial Services Review, 27.3 (2018), 45–60

Kasmir, Pemasaran Bank, 2018

Klotler, Philip, Manajemen Pemasaran, 11 ed. (Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2005)

Kotler, dan Keller, Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga, 2012

Lupiyoadi, Rambat, dan Ahmad Hamdani, Manajemen pemasaran jasa, 2006

Maharani, Nine Septa, “Pengaruh Promosi dan Fluktuasi Harga Emas terhadap Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Emas,” Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, 2.2 (2020), 80 <https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i2.820>

Majhaf, Sitti Aisya, “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi Di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah,” Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 2.1 (2020), 16–33 <https://doi.org/10.24256/kharaj.v2i1.1192>

Musthofa, Muhammad Anim, dan Mila Fursiana Salma Musfiroh, “Pengaruh Produk, Promosi dan Gaya Hidup terhadap Minat Menabung Siswa pada Bank Syariah,” Jamasy Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2.1 (2022), 64–74 <https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jamasy/article/view/2555/1580>

Novianti, Alifah Dwi, dan Luqman Hakim, “Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung dengan Variabel Moderating Persepsi,” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9.1 (2021), 116–22 <https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p116-122>

Nugroho, Eko Rial, “Implementation Of Sharia-Compliance In Islamic Bank Product Innovations,” Prophetic Law Review, 3.2 (2021) <https://doi.org/10.20885/plr.vol3.iss2.art4>

Ramadhani, Nadya, dan Debbi Chyntia Ovami, “Financial Technology dan Perilaku Keuangan Generasi Milenial,” Agustus, 13.1 (2021), 13–16 <http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/issue/archivePage%7C13>

Rosidi, Achmad, “Pengaruh Pengetahuan Produk, Biaya Administrasi dan Bagi Hasil terhadap Minat Masyarakat,” Jurnal Ilmu Ekonomi, 5.3 (2021), 444–50

Rusdianto, Hutomo, dan Chanafi Ibrahim, “Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating Di Pati,” Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 4.1 (2017), 43 <https://doi.org/10.21043/equilibrium.v4i1.1837>

Schiffman, Leon G., dan Leslie Lazar Kanuk, Perilaku Konsumen/ Leon G. Schiffman, Leslie Lazar Kanuk, 2008

Setiadi, Dr. Nugroho J., Perilaku Konsumen, 2019

Silalahi, Cita Ayni Putri, dan Dalmi Iskandar Sultami, “Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kurangnya Minat Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muslim Nusantara (Umn) Al Washliyah Menabung Di Bank Syariah,” Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 3 (2020), 70–76 <https://www.e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/525>

Sinaga, Asmawarna, Muhammad Arfan Harahap, Anjur Perkasa Alam, Murni Agustina, dan Wirdany Wirdany, “Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung pada PT Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Stabat,” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3.2 (2020), 210–32 <https://doi.org/10.47467/elmal.v3i2.570>

Smith, Jo-Ann, “The Impact of Brand Clarity on Customer Satisfaction,” Journal of Marketing Research, 47.2 (2010), 112–25 <https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0022243710365301>

Suryani, Tatik, Manajemen pemasaran strategik bank di era global. Prenada Media., 2017

Syah, Ricki Febrian, Muhammad Iqbal Fasa, dan Suharto Suharto, “Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia,” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4.1 (2021), 62–72 <https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.364>

Utomo, Joko, “Pengaruh Strategi Produk , Harga , Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Dan Keputusan Menabung Pada PT BPR Bank Boyolali ( Perseroda ) The Influence of Product Strategy , Price , Location and Promotion on Customer Interests and Savings Decisions at P,” 2021, 1–8

Wijaya, Evelyn, dan Puspa Marantika Ariyani, “Pengaruh Service Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung Pada PT. Bank Mayapada Internasional TBK Cabang A.Yani Pekanbaru,” Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 1.2 (2018), 283–96 <https://doi.org/10.31539/costing.v1i2.263>

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Wulaningsih, E. C., & Widyaningsih, M. (2024). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Masyarakat Muslim Surakarta. WADIAH , 9(1), 1–25. https://doi.org/10.30762/wadiah.v9i1.1804