Promosi Melalui Intagram Terhadap Peningkatan Penjualan

Authors

  • Sri Utami Hanggondosari Universitas Pawyatan Daha
  • Jefri Hariono Universitas Pawyatan Daha

Keywords:

Marketing, Promotion, Instagram

Abstract

Marketing management is the art and science of selecting target markets and attracting, retaining, and growing customers by creating, delivering, and communicating superior customer value. This study aims to analyze the level of sales and customer relations and describe the implementation of promotional activities. The results showed that the effect of promotion through Instagram was an increase in sales of IndiHome service products. In terms of promotion through Instagram, it results in increased sales. The implementation of promotional activities through Instagram affects good relationships with customers. And from the calculation of the correlation in sales, it is 0.995, or 9.5%.

References

Anggoro, A., Rohmah, I. Y. A., Irawan, N. C., Utomo, P., Putra, R. B., Tubarad, Y. P., Zulianto, M., Susanto, D., Metris, D., Musthopa, A., Zunaidi, A., & Miranda, M. (2023). Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi: Peluang dan Tantangan. Pustaka Peradaban.

Alma, Buchari, 2005. Manajemen Pemasaran dan Jasa. Edisi Revisi, Cetakan Ketujuh, Bandung : Alfabeta Bandung.

AMA, 2016. Pemasaran.https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran#:~:text=Pemasaran%20(bahasa%20Inggris%3A%20marketing),%2C%20mitra%2C%20dan%20masyarakat%20umum. ( diakses tanggal 15 Juni 2022 )

Anwar Hidayat. 2017. Metode Penelitian: Pengertian, Tujuan, Jenis. https://www.statistikian.com/2017/02/metode-penelitian-metodologi-penelitian.html# ( diakses tanggal 15 Juli 2022 )

Ardiansyah, Gumelar. 2022. Pengertian Strategi Pemasaran https://guruakuntansi.co.id/strategi-pemasaran/ ( diakses tanggal 15 Juli 2022 )

Assaury, Sofyan, 2007. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Edisi Kesatu, Cetakan Kedelapan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Afidah, B. N., & Zunaidi, A. (2022). Sharia Bank’s Directing Management Strategy for Improving Employee Performance. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(2), 642–655. Retrieved from https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings/article/view/290

Ana, D. E., & Zunaidi, A. (2022). Strategi Perbankan Syariah Dalam Memenangkan Persaingan Di Masa Pandemi Covid-19. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1), 167–188. Retrieved from https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings/article/view/216

Budi Wahyono, 2016. Pengertian, Dasar Penetapan Dan Tujuan Penetapan Harga http://www.pendidikanekonomi.com/2013/02/pengertian-dasar-penetapan dan-tujuan.html ( diakses tanggal 15 Juli 2022 )

Fauzi Dh, Ahmad, 2006. Pedoman Penyusunan Skripsi. Malang : Fakultas Administrasi Universitas Brawijaya.

Hadi, Sutrisno,2001. Metodologi Research. Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Yogyakarta : Andi.

Jonathan. 2022. Pengertian Promosi: Definisi, Tujuan, Jenis, dan Contoh Promosi. https://id.wikipedia.org/wiki/Promosi_(pemasaran) ( diakses tanggal 15 Juli 2022 )

Kanada Kurniawan, 2020. Tujuan Pemasaran https://projasaweb.com/tujuan-pemasaran/ ( diakses tanggal 15 Juli 2022 )

Kolter, Philip, 2001. Manajemen Pemasaran. Terjemahan oleh Hendra Teguh. Ronny A Rusli. Edisi Kedua, Jakarta : PT Ikrar Mandiri Abadi.

Kolter, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran. Terjemahan oleh Benyamin Molan, Jilid Dua, Jakarta : PT Indeks.

Kolter dan Susanto, 2001. Manajemen Pemasaran Indonesia. Terjemahan oleh Ancella Anitawati Hermawan. SE. Edisi Kedua, Jakarta : Salemba Empat.

Kurniasari, R., & Zunaidi, A. (2022). Analisa Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Return On Asset (ROA). Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(2), 708–742. Retrieved from https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings/article/view/305

Leni, I. M., & Zunaidi, A. (2022). Indonesia’s Islamic Banking Strategy For Sustaining Financial Operations During The Pandemic. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1), 40–49. Retrieved from https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings/article/view/214

Marzuki, 2005. Metodologi Riset. Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Yogyakarta. Penerbit Ekonosia Fakultas Ekonomi UII.

Mifta, Rizka.2020.17 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Jelas dan Lengkap https://www.brilio.net/serius/17-pengertian-manajemen-pemasaran-menurut-para-ahli-jelas-dan-lengkap-200420t.html ( diakses tanggal 9 Juli 2022)

Nawawi, Hadari, 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta, Penerbit Gajah Mada University.

Novia Widya Utami. 2020. 7 Strategi Pemasaran Produk Yang Harus Anda Coba. Https://Www.Jurnal.Id/Id/Blog/Strategi-Pemasaran-Produk-Yang-Harus-Anda-Coba/ ( diakses tanggal 15 Juli 2022 )

Rizki. 2022. Teknik Analisis Data Kualitatif, Kuantitatif, Menurut Para ahli [Lengkap]. https://pastiguna.com/teknik-analisis-data/ ( diakses tanggal 15 Juli 2022 )

Samhis Setiawan, 2020. Pengertian Promosi – Tujuan, Fungsi, Komponen Bentuk, Para Ahli https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-promosi/ ( diakses tanggal 15 Juli 2022 )

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabeta.

Swasta, Basu dan Irawan, 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua, Cetakan Keduabelas, Yogyakarta : Liberty.

Swasta, Basu, 2001. Manajemen Penjualan. Edisi Ketiga, Cetakan Kelima, Yogyakarta : BPFE.

Unknown, 2022. Instagram https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram ( diakses tanggal 9 Juli 2022 )

Vardiansyah, Dani dan Online Free Dictionary: Problem. 2008. Definisi Masalah. https://id.wikipedia.org/wiki/Masalah# ( diakses tanggal 15 Juli 2022 )

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Hanggondosari, S. U., & Hariono, J. (2023). Promosi Melalui Intagram Terhadap Peningkatan Penjualan. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 2(1), 246–256. Retrieved from https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1030