Pengaruh Product dan Price Bundling terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Belikopi Kota Kediri)
DOI:
https://doi.org/10.30762/al-muraqabah.v4i2.1887Keywords:
Produk, Harga Bundling, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Product dan Price Bundling terhadap keputusan pembelian pada konsumen Belikopi Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian data berupa kuesioner. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Belikopi di Kota Kediri yang berjumlah 96 orang. Selanjutnya metode analisis yang digunakan untuk menganalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 26. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil uji t untuk pengaruh Product (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) menunjukkan adanya pengaruh, hal ini berdasarkan nilai thitung yaitu 3,464 > ttabel 1,98580 sehingga Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Lalu untuk pengaruh Price Bundling (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) menunjukkan adanya pengaruh, hal ini berdasarkan nilai thitung yaitu 5,079 > ttabel 1,98580 sehingga Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. Berdasarkan uji koefisien determinasi nilai R Square sebesar 0,337 atau 33,7% . Artinya pengaruh Product dan Price Bundling secara simultan terhadap keputusan pembelian sebesar 33,7%. Sedangkan sisanya 66,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
References
Fajar, Ario. “Toffin Indonesia Merilis Riset ‘2020 Brewing in Indonesia.’” Toffin Indonesia, 2020.
Hanafia, Fifi. “Pengaruh Varian Produk, Servis Level Dan Price Bundling Terhadap Loyalitas Pelanggan.” GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP 1 (2023): 17.
Hidayat, Taufan. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Makan Koki Jody Di Magelang.” Jurnal Ilmu Manajemem 17, no. 2 (2020): 95–105.
Kotler, P., G. Armstrong, and Marc Oliver Opresnik. Principles of Marketing, Seventeenth Edition. Pearson, 2018.
Kotler, Philip., and Gary Armstrong. Principles of Marketing Sixteenth Edition. Edinburgh Gate Harlow : Pearson Education, 2016.
Kotler, Philip, and Garry Amstrong. “Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga: Jakarta.” Principles of Marketing Global, 2012, 177.
Lukyani, Defita, Rois Arifin, and Alfian Budi Primanto. “Pengaruh Pemasaran Cross Selling, Pemasaran Viral, Dan Pemasaran Produk Bundling Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skintific (Studi Pada Konsumen Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang).” Elektronik Jurnal Riset Manajemen 13, no. 1 (2024): 256–65.
Maiti, and Bidinger. “ANALISIS RENCANA BISNIS PADA USAHA CAFÉ (Studi Pada Warkop Brewok Di Jl. Kedawung, Malang).” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (1981): 1690.
Philip, Kotler, and Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2009.
Puadi, Aref, and Vivy Kristinae. “The Relationship between Price Bundling, Brand Image and Purchasing Decisions on Shopee Indonesia E-Commerce.” Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi 4, no. 3 (2023): 319–25.
Puadi, Aref, Meitiana, and Vivy Kristinae. “Hubungan Bundling Harga, Citra Merek, Dan Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Indonesia.” Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi 4, no. 3 (2023): 319–25.
Sholihah, Isna Aminatus. “Pengaruh Suasana Cafe Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Merdeka Cafe Nganjuk.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 8, no. 1 (2020): 750.
Zuraidah, Zuraidah, and Angelia Nesma Yunika Putri. “PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKIN CARE.” Istithmar 4 (2020): 74. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/istithmar.v4i2.11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nuvia Firqon Zuhida, Naning Fatmawatie, Vina Septiana Permatasari, Wiwit Mustafidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.