Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, dan Religiusitas terhadap Keputusan Mahasantri Pondok Pesantren Darul Huda dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.30762/al-muraqabah.v4i2.1813Keywords:
Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, ReligiusitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, Islamic branding dan religiusitas terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah mahasantri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Metode yang digunakan penelitian ini ialah metode kuantitatif. Sumber data diperoleh dari responden mahasantri dengan teknik pengumpulan data yaitu penyebaran angket. Sampel penelitian ini ialah mahasantri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo yang sedang menggunakan dan pernah menggunakan jasa perbankan syariah. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Analis penelitian ini menggunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis.Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial, literasi keuangan syariah dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasantri, sedangkan Islamic branding berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan mahasantri menggunakan jasa perbankan syariah. Secara simultan literasi keuangan syariah, Islamic branding dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasantri menggunakan jasa perbankan syariah. Besarnya pengaruh literasi keuangan syariah, Islamic branding dan religiusitas adalah sebesar 61,8% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi dan selebihnya dipengaruhi dengan variabel lain.
References
Anggytania. “Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah di Tanjung Balai Karimun kabupaten Karimun,” 2022, 18.
Annisa, Yuni Noor, Sugeng Setyadi, dan Samsul Arifin. “Faktor-Faktor Penentu Inklusi Keuangan di Indonesia Periode Tahun 2012-2016.” Tirtayasa Ekonomika 14, no. 1 (2019): 150. https://doi.org/10.35448/jte.v14i1.5425.
Ernayani, Rihfenti. “Peningkatan Minat Penggunaan Produk Keuangan Syariah Melalui Islamic Branding dan Literasi Keuangan Syariah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9, no. 1 (2023): 2.
Fauziyah, Nelly. “Identifikasi Faktor Penentu Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah atau Bank Konvensional,” 2020.
Fitriyah, Ainiyatul. Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Islamic Branding terhadap Keputusan Nasabah Menabung Melalui Kepercayaan Di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Jember, 2023.
Khairunnisa, Gina, dan Zakiyah Zahara. “Pengaruh Islamic Branding Dan Perilaku Religius terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bsm Palu.” Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) 7, no. 3 (2021): 1–2. https://doi.org/10.22487/jimut.v7i3.240.
Kisworo, Yudo, Hartini Salama, dan Gemala Paramita. “Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Market Share Perbankan Syariah Dengan Perbankan Konvensional (Studi Kasus BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, BCA Syariah dengan Bank BRI Tbk, BNI Tbk, Mandiri Tbk dan BCA Tbk).” Journal of Information System, Applied, management, Accounting and Research 5, no. 1 (2021): 1–12.
Oktafia, Luky Triana. “Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Product Knowledge, dan Persepsi Nasabah terhadap Keputusan Menabung di Bank Muamalat KCU Purwokerto,” 2022.
Pratama, Yuda. “Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Perbankan Syariah (Studi Pada Bank BSI di Kotabumi Lampung Utara),” 2021, 44.
Setyo, Bayu Pra. “Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo Tahun 1968-2003.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43722/.
Sopian, A, H Basri, dan A Suhartini. “Peran Pesantren Alam Khoiro Ummah Dalam Pengembangan Ekonomi Islam.” Journal Analytica Islamica 11, no. 2 (2022): 353–64.
Yasin, Rozaq Muhammad, Nurzahroh Lailyah, dan Mochamad Edris. “Analisis Pengaruh Layanan Digital Perbankan Syariah terhadap Literasi Keuangan Syariah Generasi Milenial.” Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi dan Perbankan Syariah 6, no. 1 (2021): 75. https://doi.org/10.29300/ba.v6i1.4117.
Zulni, Dhiyaul Aulia, Mardian Suryani, Aulia Rahmi Alkahf, dan Galih Aisia. “Eksplorasi Peran Pesantren Dalam Menjawab Modernitas Bank Syariah.” Tamwil 8, no. 2 (2022): 47. https://doi.org/10.31958/jtm.v8i2.6932.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Robi'ah, Akhmad Jazuli Afandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.