Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Nymaz Hijab Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri

Authors

  • Dhabita Reyna Dianis Avinka Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Dijan Novia Saka Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Erawati Dwi Lestari Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Agus Subandono Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/almuraqabah.v4i1.1438

Keywords:

Strategi Pemasaran, Omzet Penjualan, Media Sosial

Abstract

This study aims to examine the role of marketing strategies in increasing the sales turnover of Nymaz Hijab products in Ngasem District, Kediri Regency. This research uses a qualitative method using primary data obtained from interviews and direct observation with the owner, employees, and consumers of Nymaz Hijab. Secondary data used is information from the internet and Nymaz Hijab's social media accounts. The results showed that Nymaz Hijab uses marketing strategies which include attention to product quality, always updating products, determining prices based on product prices from the center by considering other costs, and active promotion through social media such as Instagram, WhatsApp, and TikTok. However, Nymaz Hijab needs to pay attention to market selection to determine its target market. With the marketing strategy carried out, Nymaz Hijab succeeded in increasing sales turnover from IDR 278,050,000 in 2022 to IDR 289,950,000 in 2023. In addition, business owners also sometimes hold product sales to attract consumer interest. Thus, an optimized marketing strategy can make a significant contribution in increasing the company's sales turnover.

References

Abdussamad, Zuchri. 2021,Metode Penelitian Kualitatif, Makassar: CV. Syakir Media Press.

Adindo, Apri Wingo. 2021,Kewirausahaan Dan Studi Kelayakan Bisnis Untuk Memulai Dan Mengelola Bisnis, Yogyakarta: CV Budi Utama.

Adiningrat, Andi Arifwangsa. 2022,Produktif dan Profit, Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Aipassa, Jeanny. 2022, “Belanja Hijab Indonesia Tembus Rp 91 Triliun, Sandiaga: Produk Lokal Harus Jadi Juara Di Negeri Sendiri”, https://www.inews.id/finance/bisnis/belanja-hijab-indonesia-tembus-rp91-triliun-sandiaga-produk-lokal-harus-jadi-juara-di-negeri-sendiri.

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak.

Assuari, Sofjan. 2014,Manajemen Pemasaran: Dasar Konsep dan Strategi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bachtiar. 2021, Mendesain Penelitian Hukum, Yogyakarta: CV. Budi Utama.

BPS Kabupaten Kediri. 2022, “Jumlah Penduduk Menurut Pemeluk Agama Dan Kecamatan Di Kabupaten Kediri, Tahun 2021”, https://kedirikab.bps.go.id/indicator/27/177/1/jumlah-penduduk-kabupaten-kediri-menurut-kecamatan-dan-agama-yang-dianut.html.

Butarbutar, Marisi. 2020,Manajemen Pemasaran: Teori Pengembangan, Medan: Yayasan Kita Menulis.

Butarbutar, Marisi dkk.2022, Metodologi Penelitian: Pendekatan Multidisipliner, Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Dimyati, Johni. 2013,Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Evanirosa, dkk. 2022,Metode Penelitian Kepustakaan, Bandung, CV. Media Sains Indonesia.

Google Maps, “Toko Hijab Kecamatan Ngasem”, https://www.google.com/search?q=toko+hijab+kecamatan+ngasem.

Helaluddin. 2019,Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktik, Makassar: Sekolah Tinggi Teologi Jaffray.

Herdiani, Nana. 2015,Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung: CV Pustaka Setia.

Indriani, May Shelfi Putri. (2019), Penelitian: Strategi Penetapan Harga Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Toko Baju Salsa Serba 35.000 Kediri), Kediri: IAIN Kediri.

Maksudi, Muhammad Yusuf. (2021) “Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Omzet Penjualan Produk Pakaian pada UMKM Inoy Daily Wear di Tasikmalaya”, Jurnal STEI Ekonomi (JEMI), Vol. 30, No. 02.

Mamik. 2015,Metodologi Kualitatif, Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Mubarok, Nurul dan Eriza Yolanda Maldina. (2017) “Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista”, I-Economic Vol. 3, No. 1.

Nasikah, Duratun. (2019), Penelitian: Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Merdeka Cafe Nganjuk), Kediri: IAIN Kediri.

Payung, Siti Aisyah Putri. (2020), Penelitian: “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk di Toko Plaza Jilbab Kabupaten Kampar Ditinjau dari Ekonomi Syariah”, Riau: UIN Suska Riau.

Perwitasari, Zenia dan Agus Hermani DS. (2018) “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap LoyalitasPelanggan Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Konsumen Teh Botol Sosro yang Melakukan Pembelian diIndomaret Kelurahan Tembalang)”, Jurnal Universitas Diponegoro.

Purwanti, Endang. (2013) “Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, StrategiPemasaran Terhadap Perkembangan UmkmDi Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga”, Jurnal Among Makarti, Vol. 5, No. 9.

Quran Kemenag. 2022, “Quran Surah Al-Ahzab ayat 59”, https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/33?from=59&to=73.

Ramadhani, Fitriani Dwi. 2021,Sistem Prediksi Penjualan Dengan Metode Single Exponential Smoothing dan Trend Parabolik, Tangerang: Pascal Books.

Riduwan. 2013, Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Ridwan. 2022, Akuntansi dan Laba Aplikasi Pada UMKM, Sumatera Barat: CV. Azka Pratama.

Rukin. 2019, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Saleh, Muhammad Yusuf dan Miah Said. 2019,Konsep dan Strategi Pemasaran, Makassar: CV Sah Media.

Sasangka, Indra. (2018) “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minimart'90 Bandung”, Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, Vol. 02, No. 01.

Setianingsih, Ayu. (2019), Penelitian: Peran Strategi Pemasaran Nobby Hijab Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Nobby Hijab Cabang Kediri), Kediri: IAIN Kediri.

Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2015, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Solicha, Nikmatus dan Renny Oktafia. (2021), “Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM, Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto”, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 7, No. 2.

Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.

Sunarsari, (2020) “Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Blitar”, Jurnal Translitera, Vol. 9, No. 1.

Suparman, Dadang. (2018) “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Penjalan Spare PartMotor di PT. SLM (Selamat Lestari Mandiri)”, Jurnal Ekonomi Stie Pasim Sukabumi, Vol. 07, No. 02.

Tawakkal, George Towar Ikbal. 2022, Metode Penelitian Kualitatif: Penerapan Pada Kajian Politik, Malang: UB Press.

Yanuar, Masnia Mahardi.(2017) “Dampak Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Marlin Cabang Jember”, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol. 3, No. 1.

Yovita.2022, “Jenis Sektor Usaha di Indonesia, Pelajari dan Mulai Kesuksesan Anda”, https://midtrans.com/id/blog/jenis-sektor-usaha.

Zulfikar. 2016, Pengantar Pasar Modal Dengan Pendekatan Statistika, Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Avinka, D. R. D., Saka, D. N. ., Lestari, E. D. ., & Subandono, A. . (2024). Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Nymaz Hijab Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business, 4(1), 122–138. https://doi.org/10.30762/almuraqabah.v4i1.1438