Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Shopee
DOI:
https://doi.org/10.30762/al-muraqabah.v4i2.1370Keywords:
Brand Image, Brand Awarness, Brand Ambassador, Minat Beli, ShopeeAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand image, brand awareness, dan brand ambassador terhadap minat beli konsumen pada marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna marketplace Shopee, sedangkan sampel didapatkan berjumlah 100 orang responden dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang sudah terkumpul melalui metode kuesioner nantinya akan dilakukan analisis melalui analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS for windows versi 26. Berdasarkan temuan penelitian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel brand image dan brand awareness terhadap minat beli konsumen pada marketplace shopee. Namun tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara brand ambassador dengan minat beli konsumen pada marketplace shopee, dan variabel brand ambassador berpengaruh negatif. Secara simultan, ketiga variabel yaitu brand image, brand awareness, dan brand ambassador terbukti berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada marketplace Shopee yang pada pengguna marketplace Shopee.
References
Aaker, David A. Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek. Alih Bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Spektrum Mitra Utama. 2017.
Akbar, Kurnia. “Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Atau Smartphone Samsung Jenis Andoid.” Semarang , Universitas Diponogoro, 2012, 2015.
Arista, Elisabeth Desi. “Analisis Pengaruh Iklan , Brand Trust Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Telkom Speedy Di Kota Semarang.” Journal of Service Science and Management 1, no. 1 (2011): 1–56.
Astuti, Mudji, and Gresivonda Gresivonda. “Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Terhadap Pelanggan Di Rumah Makan Lesehan Joyo Taman Pinang Sidoarjo.” JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan) 1, no. 1 (2014): 1–22. https://doi.org/10.21070/jbmp.v1i1.244.
Febrian, Andrologi. “Analisis Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty Dan Dampaknya Terhadap Brand Equity.” Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR), 2014.
Henslowe, P. Public relations: A practical guide to the basics. Kogan Page Publishers. 2013.
Herdiana, Tri, and Doni Purnama Alamsyah. “Country of Origin Dan Citra Merek: Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen.” Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen 1, no. 1 (2017): 31. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.488.
Howard, J. A. Buyer Behavior Marketing Strategy. (2th ed.). New Jersey: Prentice Hall. 1994.
Kharisma, Liza, and Saidun Hutasuhut. “Peran Mediasi Minat Beli Pada Pengaruh Brandambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” Niagawan 8, no. 3 (2019): 197. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i3.15579.
Lestari, Jihan Suci, Umi Farida, and Siti Chamidah. “Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Dan Lingkungan Kerjaterhadap Prestasi Kerja Guru.” ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis 2, no. 2 (2020): 38–55. https://doi.org/10.24269/asset.v2i2.2388.
Mahfudhotin, M. (2020) ‘Analisa Pertumbuhan Tenaga kerja Dan Jaringan kantor Terhadap Perkembangan Aset Perbankan syariah’, El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 9(1), pp. 1–15. doi:10.15642/elqist.2019.9.1.1-15.
Mahfudhotin, M., & Anisa, R. A. . (2022). Analysis of the "Koin NU Peduli" Program in Managing Infaq at Lazisnu MWC Ngronggot Nganjuk. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(2), 628–641.
Mahfudhotin, M. (2023) ‘Forecasting plafond dengan time series Pada Kredit Multiguna
di Pt. bank Jatim Cabang Rsu dr. Soetomo Surabaya’, Fraction: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 3(1), pp. 14–22. doi:10.33019/fraction.v3i1.37.
Mahfudhotin, M. (2022) STATISTIKA. Kediri, Indonesia: IAIN Kediri Press.
Mahfudhotin and Madani, R.L. (2022) ‘Strategi Pengelolaan Dana Infaq Dan Shadaqah
melalui program Koin Peduli Pada Musim Pandemi Covid-19 (Studi Pada Lazisnu MWC ngronggot nganjuk)’, Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business, 2(1), pp. 1–21. doi:10.30762/almuraqabah.v2i1.195.
Mahfudhotin, Samsuri, A. and Martalia, E. (2024) ‘Peran Pembiayaan Murabahah Sektor Produktif Dalam Meningkatkan Pendapatan Anggota Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Lantasir Kota Kediri’, Reinforce: Journal of Sharia Management, 3(1), pp 34-58.
Marianus Subianto 1. “Pengaruh Gaji Dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt . Serba Mulia Auto” 4 (2016): 698–712.
Pambudi, Ryllo Saka. “Strategi Pemasaran Dalam Marketplace Facebook.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 1689–99.
Priyanti, Yuli, Febsri Susanti, and Nazaruddin Aziz. “Minat Beli Konsumen Toko Sepatu Bata Dipasar Raya Padang Dilihat Dari Sikap Dan Iklan.” Jurnal Pundi 1, no. 2 (2017): 87–96. https://doi.org/10.31575/jp.v1i2.17.
Rahmawaty, Penny. “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti.” Jurnal Ilmu Manajemen 11, no. 2 (2014): 82–89. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11788.
Rizki Solikhah, Fadilah. “Pengaruh Brand Ambassador Artis Amanda Manopo Dan Arya Saloka Terhadap Niat Beli Konsumen Melalui Persepsi Risiko Pada Iklan (Studi Pada Shopee Indonesia).” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 1, no. 7 (2022): 1129–46. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.133.
Santoso, Devita Agustin, Rezi Erdiansyah, and Muhammad Adi Pribadi. “Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree.” PROLOGIA 2, no. 2 (2018): 430–39.
Sari, Agnes Dwi Kurnia. “Pengaruh Brand Image, Brand Ambasador, Electronic Word of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Laneige Water Sleeping Mask.” Skripsi, 2019, 6–7.
Yanthi, Kadek Pratita, and I Made Jatra. “Pengaruh Country of Origin, Brand Image, Dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Beat Di Kota Denpasar.” E-Jurnal Manajemen Unud 4, no. 11 (2015): 3852–81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Lestari, Nia Aprilia Bisari, Muhyiddin Zainul Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.