Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal

Authors

  • Reza Aditya Pratama Program Studi UNTAG Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.30762/almuhasib.v1i1.63

Keywords:

Struktur Modal, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel likuiditas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan Sektor Konsumsi. Penelitian ini menggunakan populasi yang dipilih menggunakan kriteria pemilihan populasi dan diperoleh 36 perusahaan yang layak dijadikan populasi. Jumlah sampel sebanyak 19 perusahaan dengan 57 data amatan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Untuk analisi data menggunakan uji regresi linier berganda. Dan untuk uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f serta uji koefisien determinasi (R2). Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial likuiditas berpengaruh negatif terhadap struktur modal dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sedangkan variabel yang lain yaitu ukuran perusahaan dengan nilai signifikan 0,405 > 0,05, pertumbuhan penjualan dengan nilai signifikan 0,974 > 0,05 tidak berpengaruh terhadap struktur modal, dan profitabilitas dengan nilai signifikan 0,002 > 0,05 berpengaruh terhadap struktur modal. Secara simultan dengan menggunakan uji F menunjukan likuiditas, ukuran Perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan profitabilitas berpengaruh terhadap struktur modal dilihat dari nilai signifikan 0,000 < 0,05.

References

Brigham, E F., and Joel F. Houston. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. 10th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

———. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. 11th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Brigham, Eugene F., and Joel F. Houston. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Translated by Alih Akbar Yulianto. 10th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Fahmi, Irham. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2014.

Kasmir. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Keown, A. J., J. D. Martin, J. W. Petty, and D. F. Scott Jr. Manajemen Keuangan. 10th ed. Jakarta: Indeks, 2010.

Margaretha, Farah, and Aditya Rizky Ramadhan. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Industri Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Bisnis dan Akuntansi 12, no. 2 (2010): 119–130.

Priambodo, Taruna Johni, Topowijono, and D. F. Azizah. “Pengaruh Struktur Aktiva, Tingkat Pertumbuhan Penjualan Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Tekstil Dan Garmen Yang Listing Di BEI Periode 2010-2012).” Jurnal Administrasi Bisnis 9, no. 1 (2014).

Ramlall, Indranarain. “Determinants of Capital Structure among Non-Quoted Mauritian Firms under Specificity of Leverage: Looking for a Modified Pecking Order Theory.” International Research Journal of Finance and Economics 31, no. 31 (2009): 83–92.

Riyanto, Bambang. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. 4th ed. Yogyakarta: BPFE UGM, 2008.

———. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE-UGM, 2010.

Rudianto. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Grasindo, 2009.

Sugiarto. Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan Dan Informasi Asimetri. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Swastha, Basu, and Hani Handoko. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE UGM, 2011.

Weston, F.J, and T.E Copeland. Manajemen Keuangan. Jakarta: Binarupa Aksara, 2008.

———. Manajemen Keuangan. Jakarta: Binarupa Aksara, 2011.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Pratama, R. A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal. Al-Muhasib: Journal of Islamic Accounting and Finance, 1(1), 47–67. https://doi.org/10.30762/almuhasib.v1i1.63

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.