URGENSI PENGINTEGRASIAN PEMBUKUAN KEUANGAN DAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI ERA GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.30762/al-muhasib.v4i1.1711Keywords:
pembukuan keuangan, digital marketing, umkm, digital eraAbstract
Abstract: This study deeply examines the urgency of financial bookkeeping and digital marketing to increase the competitiveness of small, micro, small, and medium enterprises (MSMEs) globally. The development of the MSME sector, as one of the backbones of the national economy in the global era, faces new challenges as well as great opportunities. The process of digitizing various aspects of life is starting to change consumer behavior patterns, this requires business actors to adapt quickly. Digital marketing offers a range of advantages, from a wider reach to the ability to target specific audiences. However, the success of digital marketing depends not only on technical innovation but also on good financial management. This is where simple but accurate bookkeeping is important because many MSMEs experience difficulties in efficient bookkeeping. The writing of this article uses a qualitative motto with a descriptive-analysis approach. The implementation of this method results in the conclusion that the integration between digital marketing and good bookkeeping can provide a significant competitive advantage. With digital marketing, products can be widely known and have greater appeal to modern consumers. Meanwhile, good bookkeeping allows the management of production costs, profit calculation, and allocation of funds for business development to be more transparent and efficient. The results of this research can provide practical guidance for small and medium business actors to face challenges and take advantage of opportunities in the digital era.
Abstrak: Penelitian ini mengkaji secara mendalam urgensi pembukuan keuangan dan pemasaran digital untuk peningkatan daya saing usaha kecil, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di era global. Pengembangan sektor UMKM, sebagai salah satu tulang punggung ekonomi nasional di era global, menghadapi tantangan baru sekaligus peluang besar. Proses digitalisasi berbagai aspek kehidupan mulai merubah pola perilaku konsumen, hal ini menuntut pelaku usaha untuk beradaptasi dengan cepat. Pemasaran digital menawarkan berbagai keunggulan, mulai dari jangkauan yang lebih luas hingga kemampuan untuk menargetkan audiens secara spesifik. Namun, keberhasilan pemasaran digital tidak hanya bergantung pada inovasi teknis, tetapi juga pada pengelolaan keuangan yang baik. Di sinilah pentingnya pembukuan yang sederhana namun akurat karena banyak UMKM yang mengalami kesulitan dalam pembukuan yang efisien. Penulisan artikel ini menggunakan motode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Implementasi metode ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa integrasi antara pemasaran digital dan pembukuan yang baik dapat memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan. Dengan pemasaran digital, produk dapat dikenal luas dan memiliki daya tarik yang lebih besar bagi konsumen modern. Sementara itu, pembukuan yang baik memungkinkan pengelolaan biaya produksi, penghitungan laba, serta alokasi dana untuk pengembangan usaha menjadi lebih transparan dan efisien. Serta hasil dari penelitian ini dapat memberikan panduan praktis bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital.
References
“Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era Digital”, https://deb.sv.ugm.ac.id/digital-marketing-untuk-meningkatkan-daya-saing-umkm-di-era-digital/ diakses tanggal 20 Mei 2024.
Aji, G. F. (2022). Analisis Digital Marketing Tiktok Live sebagai Strategi Memasarkaan
Bisnis, 99.
DKK, N. L. (2022). Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Pembuatan Telur Asin pada Kelompok Usaha Ternak hauteas Karya Mandiri. Jurnal umum Pengabdian Masyarakat.
Edition. Aplikasi Manajemen dan inovasi Bisnis, 99.
Erdi.S, E. f. (2017). Pengaruh Penambahan Beberapa Jenis Asam Terhadap Proses
Kotler. (2022). What is Marketing? USA: Kotler Marketing. Aplikasi Manajemen dan Inovasi
Krisdiyawati, Krisdiyawati, Bahri Kamal, Fitri Amaliyah, and Imam Hasan. “Peningkatan Daya Saing UMKM Pengrajin Telur Asin Pesurungan Lor Melalui Pemasaran Digital dan Manajemen Usaha.” Jurnal Pengabdian UNDIKMA 5, no. 4 (November 20, 2023): 689. https://doi.org/10.33394/jpu.v5i4.9582.
Kuswarak, and Reza Pahlepi. “Memperkuat Ketahanan Dan Menjamin Keberlangsungan Usaha: Pentingnya Pembukuan Teratur Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM)”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (May 29, 2024): 25 –. Accessed July 6, 2024. https://journal.danisapublisher.id/index.php/JPKM/article/view/62.
Pengolahan Telur Asin untuk Menghilangkan Bau Amis. Edo Bio Tropika, 5.
Produk UMKM Anjab Store. Bisnis dan Pemasaran Digital, 13-24.
Stokes, P. (2022). EMarketing The Essential Guide to Marketing in a Digital World 5th
Sudirjo, None Frans, None Arief Yanto Rukmana, None Hilarius Wandan, and None Muhammad Lukman Hakim. “Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Di Jawa Barat.” Jurnal Bisnisman Riset Bisnis Dan Manajemen 5, no. 1 (May 31, 2023): 55–69. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i1.134.
Yunila, t. M. (2022). Peluang Peningkatan Pendapatan Usaha Telur Asin Melalui Pelatihan Manajemen Pemasaran pada ibu-ibu Kelompok usaha telur asin di desa Puuwonua Kabupaten
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Avriel Dhenta Vadana Vadana, Adinda Varadisa Putri Putri, Azkiyatul Khusna, Abeliya Nur Sabila sabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.