Persepsi Muslim Jabodetabek Mengenai Uang Elektronik (UNIK) terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Unik Berbasis Server

Authors

  • Raudhah Rohadatul Aisy Institut Agama Islam Tazkia
  • Yaser Taufik Syamlan Institut Agama Islam Tazkia

DOI:

https://doi.org/10.30762/almuhasib.v2i2.279

Keywords:

Perceptions, product attributes, e-money, unik

Abstract

Teknologi semakin berkembang seiring dengaan perkembangan zaman, inovasi tersebut sudah merambat kedalam perekonomian yakni dalam bidang keuangan. Namun dalam perkembangan ini tidak luput dari timbulnya risiko, cara menghadapinya dilakukan dengan cara yang berbeda tergantung pada persepsi setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara persepsi syariah, persepsi atribut produk, dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan aplikasi uang elektronik berbasis server. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 27.025.316 orang dengan karakteristik masyarakat muslim pengguna aplikasi uang elektroni berbasis server. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 400 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan cluster sampling. Dengan menggunakan path analysis hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persepsi syariah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi uang elektronik berbasis server. Pengaruh persepsi atribut produk dan persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi uang elektronik berbasis server. Kemudian pengaruh persepsi syariah berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi atribut produk dan persepsi risiko.

References

BI. Bank Indonesia. 2011. https://www.bi.go.id/id/sistem-pembayaran/di-indonesia/sekilas/Contents/Default.aspx.

BPS. Badan Pusat Statistik. 2018. https://www.bps.go.id/statictable/2016/04/04/1904/penduduk-berumur-15-tahun-ke-atas-menurut-golongan-umur-dan-jenis-kegiatan-selama-seming.

DFPA. Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad No. 005/Dfpa/Vi/1439 Tentang Haramnya Diskon Yang Didapatkan Dari Go-Pay Dan Layanan Yang Sejenisnya. 2018.

Endriani, Santi. "Konsep Uang: Ekonomi Islam VS Ekonomi Konvensional." Anterior Jumal 15, no. 1 (2015): 70–75.

Genady, Dien Ilham. Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik di Masyarakat (Studi Kasus Provinsi DKI Jakarta). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2018.

Hanafi, Habib, Kertahadi, and Heru Susilo. "Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Website UB Terhadap Sikap Pengguna dengan Pendekatan TAM." 2012: 3.

Http://Hootsuite.com/resources/digital-in-2019.

Karim, Adiwarman A. Ekonomi Makro Islami. PT. raja Grafindo Persada, 2007.

Khafiyah, Nurits Nadia. Pengaruh persepsi mahasiswa mengenai uang elektronik terhadap minat menggunakan aplikasi ovo (Studi pada mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2019.

Marzuki, Sitti Nikmah. "Konsep uang dan kebijakan Moneter Dalam Ekonomi Islam." Al-Iqtishad: Jumal Ekonomi 1, no. 2 (2021): 201-216

Prastiwi, Iin Emy. "Pengaruh Persepsi Anggota pada Sharia Compliance , Komitmen Agama dan Atribut Produk Islam Terhadap Customer ’ s Trust yang Berdampak pada Keputusan Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada Bmt Amanah Ummah Sukoharjo)." Jumal Ilmiah Ekonomi Islam 4, no. 1 (2018): 28-40.

Priambodo, Singgih, and Bulan Prabawani. "PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN UANG ELEKTRONIK (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang." Jumal Ilmu Administrasi Bisnis 5, no. 2 (2016): 127-135.

Supriyo. "Menejmen Risiko Dalam Perfektif Islam." Jumal Promosi: Jumal Pendidikan Ekonomi 5, no. 1 (2017): 130-142.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Aisy, R. R., & Syamlan, Y. T. (2023). Persepsi Muslim Jabodetabek Mengenai Uang Elektronik (UNIK) terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Unik Berbasis Server. Al-Muhasib: Journal of Islamic Accounting and Finance, 2(2), 258–273. https://doi.org/10.30762/almuhasib.v2i2.279

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.