Pascapandemi, Bagaimana Efektifitas Kebijakan Quantitative Easing (QE)?: Konsep Sistem Moneter Islam dalam Menstabilkan Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.30762/istithmar.v7i2.989Keywords:
Quantitative Easing, Pascapandemi, Sistem Moneter, IslamAbstract
Ekonomi Indonesia masih dalam taraf pemulihan pasca pandemi COVID-19 yang berlangsung lebih dari dua tahun. Berbagai kebijakan diujicobakan untuk meningkatkan produksi, dan meningkatkan daya beli masyarakat. Indonesia tergolong negara yang beruntung dengan pertumbuhan ekonomi yang signifikan di tahun 2022. Berbagai upaya kebijakan dilakukan melalui stimulus fiscal dan juga dukungan melalui kebijakan moneter dalam bentuk quantitative easing (QE) serta reformasi investasi. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi kebijakan QE yang diterapkan oleh Bank Sentral serta memberikan gagasan konseptual sistem moneter Islam pada pola distribusi QE. Untuk mendapatkan deskripsi serta mengetahui manfaat dan ekses yang dimaksud, digunakan pendekatan kualitatif, dengan melakukan studi literature, mendalami dokumen-dokumen fakta dan kajian QE oleh Bank Indonesia dan The Fed dari berbagai literature dan media, kemudian dianailisis secara induktif berdasarkan teori yang relevan. Temuan penelitian dalam artikel ini menunjukkan adanya ekses yang dapat merugikan masyarakat dan negara yang secara syariah merupakan kemudharatan yang harus dihindari. Melalui artikel ini diharapakan implikasi nyata bagi pemangku kebijakan untuk mengimplementasikan saluran distribusi kebijakan QE sesuai dengan konsep dan sistem moneter Islam
References
Amri, H. (2018). Analisis Kebijakan Moneter pada Awal Pemerintahan Islam terhadap Pembangunan Perekonomian Islam. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36908/isbank.v3i2.41
Bank Indonesia, G. (2020). Instrumen Kebijakan Moneter dan Transmisinya. Penjelasan Bank Indonesia tentang Mitigasi Covid-19, Jakarta.
Chapra, U. (2000). Sistem Moneter Islam, “terj’. Ikhwan Abidin, Towards a just monetary system. Gema Insani.
Davies, G. (2010). History of Money. University of Wales Press.
Edy Sutrisno. (2021). Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor Umkm dan Pariwisata. Jurnal Lemhannas RI, 9(1), 167–185. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i1.385
Firdaus, A. H., & Listiyanto, E. (2022). Kajian Tengah Tahun INDEF 2020: Menata Arsitektur Ekonomi Pasca Pandemi. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=i4XzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA14&dq=pasca+pandemi&ots=9LM9WOz3hH&sig=y6bwLKYUgrDJPfdO8VBfQBoA8zU&redir_esc=y#v=onepage&q=pasca%20pandemi&f=false
Hartono, D. S. (2011). Ekonomi Islam Sebagai Solusi Altenatif Krisis Ekonomi Eropa. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1), Article 1. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/412
Harwood, J. (2013). The Collapse of Global Capitalism: What can we learn from the Global Financial Crisis [Ppt]. Jakarta International Conference of Muslim Intelectual, Jakarta.
Kunaifi, A., Rahman, F., & Dwiaryanti, R. (2021). The Philosophy and Authentication of Welfare Equalization in the Islamic Economy. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(2), 54–62. https://doi.org/10.47076/jkpis.v4i2.67
Majid, M. S. A. (2015). Krisis Ekonomi Dan Solusinya Dalam Perspektif Islam: Analisis Krisis Ekonomi Global 2008. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24815/jped.v1i2.6547
Mansur, A. (2013). Menjawab Tantangan Bisnis 2013. Workshop Pengusaha Muslim, Pamekasan.
Mediatama, G. (2020). BI menyebut quantitative easing hingga September 2020 capai Rp 662,1 triliun. kontan.co.id. http://nasional.kontan.co.id/news/bi-menyebut-quantitative-easing-hingga-september-2020-capai-rp-6621-triliun
Muhammad. (2018). Ekonomi Moneter Islami. UII Press.
Nam, M.-H. (2018). The Effect of Quantitative Easing on Inflation in Korea. East Asian Economic Review, 22(4), 507–529. https://doi.org/10.11644/KIEP.EAER.2018.22.4.352
Nawawi, I. (2015). Ekonomi Moneter Perspektif Islam. VIV Press.
Puspitasari Gobel, Y. (2020). Pemulihan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 Dengan Mengkombinasikan Model Filantropi Islam Dan Ndeas Model. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(2), 209–223. https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5809
Redaksi. (2021). Perekonomian Indonesia Mengalami Pertumbuhan di Tahun 2021 di Tengah COVID-19, Akan Berkembang pada Tahun 2022, Menurut Laporan Bank Dunia. The World Bank.
Sakir, S. (2015). Does Quantitative Easing Work? Applied Economics and Finance, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.11114/aef.v2i4.1077
Saputra, T. A., Kunaifi, A., & Rosyid, A. (2021). Benarkah Kebijakan Fiskal Islam Efektif Menghadapi Resesi? (Kontekstualisasi Kebijakan Fiskal Sesuai Shariah). Prosiding Seminar STIAMI, 8(1), 1–6.
Sembiring, L. J. (t.t.). Dahsyat! Efek Corona Bikin 22 Negara Terjun ke Jurang Resesi. Market. Diambil 9 Februari 2021, dari https://www.cnbcindonesia.com/market/20200822083638-17-181198/dahsyat-efek-corona-bikin-22-negara-terjun-ke-jurang-resesi
Teguh, M., & Andaiyani, S. (2019). The US Quantitative Easing and Indonesian Financial market. Does it matter? https://doi.org/10.5281/zenodo.3951507
Teori ekonomi friedman. (2014). mulyadifirdause. https://mulyadifirdause.wordpress.com/teori-ekonomi-friedman/
The Collapse of Global Capitalism: What Can We Learn from the Global Financial Crisis? - Kompasiana.com. (t.t.). Diambil 9 Februari 2021, dari https://www.kompasiana.com/iqrisulizar/5529152f6ea834411e8b4695/the-collapse-of-global-capitalism-what-can-we-learn-from-the-global-financial-crisis
Thomas L, F. (2009). Hot, Flat, and Crowded. Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, A. (2018). Ekonomi Islam dalam Bingkai Maqashid Asy-Syariah. Ekuilibria.
Zakaria, F. (2011). The Post-American World Release 2.0 Updated and Expanded (2nd ed.). W.W.Norton & Company. www.wwnorton.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aang Kunaifi, Abd Rosyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.