Etika Kerja Islami dan Retensi dalam Kinerja Dosen IAIN Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30762/istithmar.v7i2.978Keywords:
Etika Kerja Islami, Retensi, Kinerja, Dosen IAIN KediriAbstract
Kinerja dan etika karyawan yang baik menjadi tolak ukur bagi perusahaan untuk mempertahankan atau melepaskan karyawannya. Kondisi ini disebabkan oleh kinerja karyawan yang baik sehingga perusahaan dapat berjalan cepat dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara etika kerja Islam dan retensi terhadap kinerja dosen IAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui fenomena yang terjadi pada subjek. Data diperoleh dengan melakukan wawancara terstruktur dan menyebarkan kuesioner dengan dosen yang berstatus PNS di IAIN Kediri. Penelitian ini diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa etika kerja Islami yang lebih baik dapat meningkatkan retensi tubuh. Indikator etika kerja Islami yang memberikan kontribusi terbesar dalam meningkatkan retensi adalah transparansi, tercermin dalam kreativitas kerja, yang merupakan sumber kebahagiaan dan kesuksesan. Lembaga dengan etika kerja Islami yang baik akan mengamalkan nilai-nilai, berupa: kejujuran, menepati janji, keadilan, menghargai orang lain, integritas, loyalitas, akuntabilitas, kepedulian terhadap sesama, dan tanggung jawab.
References
Adab, M. A. (2015). Pengaruh Etika Kerja Islami Terhadap Retensi Karyawan PT. Banama City. Jurnal Ilmu Manajemen, 1 (2). https://doi.org/10.34556/jim.v1i2.521
Ali A. & Owaihan, S. (2008). Islamic Work Ethic: A Critical Review. Cross Culture Management: An International Journal, 15 (1). https://doi.org/10.24551/aij.v15i1.142
Ardana, et al. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ariana, et al. (2013). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Cendana Resort & Spa Ubud, Gianyar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 2 (1). https://doi.org/10.45242/jmud.v2i1.145.
Bungin, B. (2001). Metode Penelitian Sosial Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
Darmawan, D, et al. (2021). Hubungan Renumerasi, Retensi, dan Kinerja Karyawan. Journal of Trend Economics and Accounting Research, 1 (4). https://doi.org/10.24345/jtea.v1i4.145.
Dessler, G. (2013). Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.
Esti, W. Lubis N. & Wijayanto, A. (2014). Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Retensi Pelanggan Melalui Kepuasan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3 (1). https://doi.org/10.14710/ijab.2014-4419
Haryati, Y & dan Ibrahim, M. A. (2021). Pengaruh Etika Kerja Islam Terhadap Kinerja Karyawan BAZNAS Kota Bandung. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1 (1). https://doi.org/10.29313/jres.v1i1.197.
Mathis R. L. & Jackson, J. H. (2006). Human Resources Management: Manajemen SDM diterjemahkan oleh Dian Afa. Jakarta: Salemba Empat.
Moelong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suka, S. S. (2022). Hubungan Retensi Karyawan, Komitmen Organisasi dan Turnover Intention dengan Kinerja Karyawan di PT Cigna Insurance. Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani, 4 (2). https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i2.640.
Suwaji R. & Sabella, R. I. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kompensasi Terhadap Retensi Karyawan PT. Aerofood ACS Kota Surabaya. Jurnal Mitra Manajemen, 3 (10). https://doi.org/10.52150/ejmm.v3i10.290
Swambada, R. (2016). Pengaruh variabel Lingkungan Kerja Perceived organizational (Pos) terhadap variabel Retensi Karyawan. Elektronik Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5 (2). https://doi.org/10.jmud.v5i2.175
Umar, H. (2005). Evaluasi Kinerja pada Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andriani, Binti Mutafarida, Ilyas Adhi Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.