Strategi Variasi Produk dalam Mengembangkan Usaha Kedai Kopi

Authors

  • Andri Widianto IAIN KEDIRI
  • Ali Samsuri IAIN KEDIRI
  • Sri Hariyanti IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/istithmar.v7i2.976

Keywords:

Strategi, Variasi Produk, Pengembangan Usaha

Abstract

Pengembangan variasi produk secara berkesinambungan dilakukan untuk menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan ataupun keinginan konsumen yang terus berubah-ubah. Tentunya denganstrategi variasi produk diharapkan mampu menjadi solusi dalam melakukan pengembanganusaha. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui variasi produk pada kedai kopi dan strategi variasi produk dalam mengembangkan kedai kopi Titik Tuju Coffee Roastery. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi variasi produk yang dilakukan kedai kopi Titik Tuju Coffee & Roastery yang meliputi keberagaman produk baik dari ukuran, harga, serta tampilan. Kemasan yang digunakan memiliki design yang menarik.

References

Al, M. e. (2012). Strategi Pemasaran Industri Kue Bagea Dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Masamba Kabupaten Luwu Utara. Equilibrium,, 2 (1), 36.

Budiarta, K. (2009). Pengantar Bisnis. 153.

Budiono, S. (2019, Juli-Desember). Strategi Manajemen Sekolah. Mananta, 58 -59.

Dafe’I, N. m. (2001). Pengembangan Masyarakat Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Efendi, M. T. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Erly Juliyani. (2016). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Ummul Qura, 7(1), 64.

Faroh, W. N. (2018). Pengaruh Vriasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bangunan di Portal Network Six Store Cabang Depok. 112.

Faroh, W. N. (2019, Juni). “Pengaruh Vriasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bangunan di Portal Network Six Store Cabang Depok 2018. Pemasaran kompetitif, 2(3), 112.

Haidir, S. d. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

kedai-kopi-diprediksi-tumbuh. (2020). Retrieved Desember 21, 2021, from https://www.beritasatu.com/ekonomi/601687/2020

Purnomo, I. d. (n.d.). Monograf Analisis Gaya Hedonis, Status Sosial, Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Samsuri, A. (2021, Desember). Sinergisitas Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kediri Dalam Pengembangan Umkm. Jurnal Ekonomi Islam, 143.

Samsuri, A. (2021, Desember). Sinergisitas Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kediri Dalam Pengembangan Umkm. Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 143.

Sandu Siyoto, A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Wahyu Nurul Faroh. (2019, juni). Pengaruh Vriasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bangunan di Portal Network Six Store Cabang Depok 2018. Pemasaran kompetitif, 2(3), 112.

Zubaidi. (2013). Pengembangan Masyarakat, Wacana Dan Praktek. Jakarta: Kencana Pernada Group.

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Andri Widianto, Ali Samsuri, & Hariyanti, S. (2024). Strategi Variasi Produk dalam Mengembangkan Usaha Kedai Kopi. Istithmar, 7(2), 91–104. https://doi.org/10.30762/istithmar.v7i2.976