Efektifitas Citra Merek sebagai Variabel Pemediasi dalam Menciptakan Minat Pembelian

Authors

  • Dhiya'u Shidiqy IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/istithmar.v7i1.530

Keywords:

Pstore atmosphere, harga, kualitas produk, citra merek, minat beli

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, persepsi harga dan kualitas produk terhadap citra merek, serta efektifitas citra merek dalam memediasi variabel-variabel tersebut terhadap minat beli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pembeli pada Kedai Hakui Kopi 0 Km Tulungagung dengan sampel sebanyak 140 responden. Pedoman ukuran sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan trhadap citra merek, sedangkan persepsi harga tidak berpengaruh terhadap citra merek. Citra merek juga terbukti menjadi variabel pemediasi penuh atas pengaruh store atmosphere dan kualits harga terhadap minat beli, sedangkan pada pengaruh persepsi harga terhadap mina beli, citra merek tebukti tidak memediasi.

References

Ferdinand, A. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Garvin, D.A. 1998. Managing Quality: The Strategic and Competitive Edge. New York: The Free Press.

Halim, Nico Rifanto, and Donant Alananto Iskandar. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli.” Jurnal Ilmu Dan Riset … 4 (3): 415–24. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605.

Hart, N.A. dan Stapleton, J. 2005. Kamus Marketing. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Havidz, Hazimi Bimaruci Hazrati, and M Rizky Mahaputra. 2020. “Brand Image and Purchasing Decision: Analysis of price Perception and Promotion (literature review of marketing management)”. DIJEFA, 1 (4): 727–41.

Jarot Bayu, Dimas. 2020. “Konsumen Lebih Pilih Kopi Saset Selama Pandemi Corona.” Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2020/11/18/Konsumen-Lebih-Pilih-Kopi-Saset-Selama-Pandemi-Corona, 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/18/konsumen-lebih-pilih-kopi-saset-selama-pandemi-corona.

Kotler, P. 1999. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. dan Keller, K.L. 2008. Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Indeks.

Latief, Abdul. 2018. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir Di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99. Https://Doi.Org/10.33059/Jmk.V7i1.75.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan 7 (1): 90–99.

Levy, M. and Weitz, B. A. 2001. Retailing Management. 4th Edition. USA : Richard D. Irwin, Inc

Mahaputra, M Ridho, and Farhan Saputra. 2021. “Relationship Word of Mouth , Advertising and Product Quality To Brand Awareness.” Dinasti International Journal of Digital Business Management 2 (6): 1099–1108. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/dijdbm.v2i26.

Prawira, B. & Yasa, N.N.K. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 3(12): 3642-3658.

Sandala, Falian Daniel, Altjie L. Tumbel, and Jeffry L. A. Tampenawas. 2021. “Pengaruh Kelompok Referensi, Persepsi Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Umkm Beenji Cafe Di Sario Kecamatan Sario.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 9 (1): 878–86.

Sartika, Dewi, Dewi Permata Sari, Helda Rosana, Ilha Yusuf, Muhammad Yusuf Syahbana, and Ahmad Risqi Fauzi. 2021. “Pengaruh store image terhadap purchase intention melalui private label image dan perceived quality pada ritel di kota samarinda.” Cam Journal 5 (2): 95–107. https://doi.org/10.35915/cj.v5i2.577.

Sutisna dan Pawitra. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Swastha, B. & Handoko, T.H. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Villiers, Marike Venter De, Richard Chinomona, and Tinashe Chuchu. 2018. “The Influence of Store Environment on Brand Attitude, Brand Experience and Purchase Intention.” South African Journal of Business Management 49 (1): 0–8. https://doi.org/10.4102/sajbm.v49i1.186.

Zainuddin, Didi. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Motor Matik.” Sosio E-Kons 10 (3): 220. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i3.2902.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Shidiqy, D. (2023). Efektifitas Citra Merek sebagai Variabel Pemediasi dalam Menciptakan Minat Pembelian. Istithmar, 7(1), 11–22. https://doi.org/10.30762/istithmar.v7i1.530