Praktik Jual Beli Jagung Pipil Kering antara Tengkulak dengan Pengepul Perspektif Etika Bisnis Islam

Authors

  • Khoirun Nikmah
  • Abdul Rosyid IAIN KEDIRI

DOI:

https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i2.320

Keywords:

Jual beli, tengkulak, pengepul, etika bisnis

Abstract

Praktik jual beli harus sesuai dengan syariat Islam dengan mengedepankan etika demi terwujudnya keberkahan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa praktik jual beli jagung pipil kering yang dilakukan oleh tengkulak dan pengepul. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan sumber data dari tengkulak, pengepul dan peternak kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data yang menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pengoplosan kualitas jagung dan penimbunan yang dilakukan oleh tengkulak bersifat transparan, pengepul dan tengkulak sama-sama mengerti. Namun penimbangan yang dilakukan oleh pengepul meskipun bersifat terbuka rupanya tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ada ketidakpastian jumlah penyusutan pada timbangan, tentunya hal ini merugikan tengkulak. Sehingga tengkulak pun juga melakukan kesalahan yang sama ketika menimbang jagung pipil dari petani juga melakukan ketidak jelasan penyusutan timbangan untuk meminimalisir kerugian tersebut. Jelas sekali model jual beli seperti ini tidak sesuai dengan etika bisnis Islam.

References

Abdul Aziz Muhammad Azzam. (2017). Fiqh Muamalat sistem transaksi dalam Fiqh Islam. Amzah.

Abdullah Zaky Al-Kafaar. (2012). Ekonomi Dalam Perspektif Islam. Pustaka Setia.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Pt Granmedia Pustaka Utama.

Endah lisarini, kepentingan keberadaan pengepul dan kepuasan petani akan kinerjanya sebagai agen pemasaran melalui pandanwangi. (n.d.).

Estijayandono, K. D. (2019). Etika Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 53–68. https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2125

Fitri Amalia, Etika Bisnis Islam: Konsep dan implemen pada pelaku usaha kecil. (n.d.).

Ihsan. (2021, September 16). Selaku Tengkulak Jagung [Personal communication].

Jamroji. (2022, March 10). Tengkulak di desa Tanjung kalang, [Personal communication].

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Dua). (1997). Balai Pustaka.

Lutfi Megasari Apreliana. (2018). Ketergantungan Petani Terhadap Tengkulak Sebagai Patron Dalam Kegiatan Proses Produksi Pertanian (Studi Di Desa Baye Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri). Departemen Sosiologi Universitas Airlangga.

M. Ali Hasan. (2004). Berbagai Macam Transaksi Dalam Islam. PT Raja Grafindo Persada.

Muhamad. (2013). Kesatuan Bisnis dan Etika dalam al-Qur’an: Upaya Membangun Kerangka Bisnis Syariah. 9(1), 39.

Nine Haryanti dan Trisna Wijaya, analisis penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam pada pedagang di PD pasar Tradisional Pancasila Tasikmalaya. (n.d.).

Poden,. (2022, March 9). Tengkulak di desa Tanjung Kalang [Personal communication].

Rahmad Tekno. (2021, November 19). Pengepul [Personal communication].

Shifa, U. L., & Mutho`am, M. (2021). Standar Harga Dalam Transaksi Jual Beli Perspektif Wahbah Az-Zuhaili. Syariati : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum, 7(2), 219–228. https://doi.org/10.32699/syariati.v7i2.2245

Sujali. (2021, September 3). Tengkulak Jagung [Personal communication].

Syed Nawab Naqvi. (1993). Ethict And Economics: An Islamic Synthesis. Mizan.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Khoirun Nikmah, & Abdul Rosyid. (2022). Praktik Jual Beli Jagung Pipil Kering antara Tengkulak dengan Pengepul Perspektif Etika Bisnis Islam. Istithmar, 6(2), 113–125. https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i2.320