Analisis Mekanisme Produksi dan Pemasaran Era Digital pada Home Industry Krupuk Usek di Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Refanza Riskiyani
  • Mansur Chardi UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i2.304

Keywords:

Mechanism, Marketing, Home Industry, Islamic Economy

Abstract

Penelitian menjelaskan Analisis Mekanisme Produksi dan Pemasaran Era Digital Pada Home Industri Kerupuk Usek di Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sumber data primer penelitian ini diperoleh dari pemilik home industri krupuk usek yang menurut kelompok kami berpotensi untuk dilakukan penelitian. yaitu Ibu Mustaqoroh dan Ibu Niswatin. Sumber data sekunder di peroleh dari buku , jurnal, dan skripsi yang terkait dengan judul penelitian Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mekanisme produksi dan pemasaran home industri kerupuk usek sudah tercapai dan sesuai dengan syariat Islam. Prinsip-prinsip bisnis Islam antara lain: kejujuran, transparan, komitmen ,kerjasama, disiplin, peduli dan tanggung jawab. Strategi pemasaran home industry ini juga dapat mengikuti perkembangan zaman diera digital denganmemiliki online shop sehingga jangkaun pemasaran semakin luas.

References

Akbar, M. A., & Hasan, S. (2020). “Strategi Pemasaran Sepeda Motor Bukan Baru Pada Ud. Dina Motor Di Kota Bangkinang”. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(1), 68–77.

Alkim. (2005). Pemberdayaan Home Industri Terhadap Masyarakat Pesisir. Gramedia.

Aristo, A. F. (2020). “Peranan Home Industry Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Desa Sapit Kecamatan Suela)”. Uin Mataram.

Casugi, I. (2017). Cara Membuat Krupuk Usek.

Dewi, S., Listyowati, D., & Napitupulu, B. E. (2019). “Dampak Ekonomi Dari Migrasi: Kasus Di Indonesia”. Jurnal Ekonomi, 10(2), 47–56.

F.N, U. (2019). “Indonesia Masih Butuh 4 Juta Entrepreneur Baru”. Kompas.

Farid. (2017). Kewirausahaan Syariah. Pt Kencana.

Hendrie Anton. (2003). Pengantar Ekonomika Mikro Islam. Jalasutra.

Jati, M.N.K, dkk. (2021). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa STAI Muhammadiyah Tulungagung”, Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, Vol. 5 (1), 69-82.

M. Nur Rianto Al Arif, E. A. (2010). Teori Ekonomi Suatu Perbadingan Ekonomi Islam Dan Ekonomi Konvensional. Kencana.

Moenir. (2001). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Bumi Aksara.

Mun’im, Muhammad Abdul. (N.D.). Ushul Al-Iqtishad Al-Islami.

Mursid, Mansur Chadi, Suliyanto, R. (2019). Menanam Nilai Inovasi Berbasis Syariah Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Produk Baru Di Industri Keuangan Makro Syariah. Khoirunnisa. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Vgnqdwaaqbaj&Oi=Fn d&Pg=Pa1&Ots=- Gmnmeplmo&Sig=Uv7ldvwxzcuswnbi0itrgeztmvw&Redir_Esc=Y#V=One page&Q&F=True

Mursid, Mansur Chadi, R. (2018). Logika Nilai Syariah(Sharia Value Logic).

Mustaqoroh. (2021). Wawancara Proses Pembuatan Krupuk Usek.

Panca Windi Nofiani1), M. C. M. (2021). “Pentingnya Perilaku Organisasi Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Di Era Digital”. Jurnal Logistik Bisnis, 11(02), 71–72. File:///C:/Users/User/Downloads/1563-ArticleText-3454-1-10- 20220101.Pdf

Rahmadani, S. (2020). “Analisis Strategi Pengembangan Umkm Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Padang Brahrang Kec.Selesai Kab.Langkat (Studi Kasus Pada Home Industri Krupuk & Keripik)”. Maslahah, 1(1), 49–58.

Rohmah, M. (2017). Mekanisme Produksi Usaha Makanan Tradisional Dalam Meningkatkan Perekonomian Pengusaha Dumbek Desa Kesamben Plumpang Tuban.

Rosydi, S. (2006). Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro Dan Makro. Pt Raja Grafindo Persada.

Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat Dan Proses Menuju Sukses (1st Ed.). Salemba Empat.

Usman, Salasi, Bambang, & Umam, K. (2018). Analisis Diskriminan Untuk Mengelompokkan Negara Maju Dan Negara Berkembang Dengan Metode Fishers. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Valencia, V. (2021). “Implementasietika Produksi Islam Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Kerupuk Tuiri Kota Bengkulu”. IAIN Bengkulu.

Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). “Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice”. Scientific Journal Of Reflection : Economic, Accounting, Management And Business, 3(1), 101–110. Https://Doi.Org/10.37481/Sjr.V3i1.120

Wati, L. A., & Primyastanto, M. (2018). Ekonomi Produksi Perikanan Dan Kelautan Modern. Ub Press.

Zikwan, M., & Susanti, D. (2020). Roduksi Kerupuk Kedelai Dalam Presfektif Produksi Islami Pada Cv Muzaffer Arjasa Situbondo. 1, 84–97.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Riskiyani, R. ., & Mansur Chardi. (2022). Analisis Mekanisme Produksi dan Pemasaran Era Digital pada Home Industry Krupuk Usek di Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Istithmar, 6(2), 126–136. https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i2.304