Analisis Pandangan Masyarakat Bangkalan terhadap Produk dengan Label Halal

Authors

  • Susi Susanti Mahasiswi
  • Mashudi

DOI:

https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i2.300

Keywords:

label halal, Pandangan publik, produk

Abstract

Produk berlabel halal adalah produk yang telah dinyatakan halal menurut syariat Islam dan
ditetapkan oleh Kementerian Agama melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal
(BPJPH) berdasarkan hasil pemeriksaan LPPOM MUI. Dengan adanya label halal konsumen muslim tidak lagi ragu dalam mengkonsumsi produk yang dibeli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat Bangkalan terhadap keberadaan produk berlabel halal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan masyarakat Bangkalan khususnya Kecamatan Kamal tidak terlalu mempermasalahkan ada tidaknya label halal dalam suatu produk, sebab mereka berkeyakinan dengan penduduk yang mayoritas muslim, maka tentu barang yang diperjual belikan adalah barang yang halal dan aman meski tidak ada labelnya.

References

A.Black, J., & Champion, D. J. (2009). Metode dan Masalah Penelitian Sosial. PT Rafika Aditama.

Ihsana, K. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Makanan Berlabel Halal di Kalangan Masyarakat Syiah Kuala Banda Aceh. Islamics Development and Innovation, 1.

Khalida, N., & Arifiyanto, M. (2019). Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal. Penerbit Nem.

Listyana, R., & Hartono, Y. (2015). Persepsi dan Sikap Masyarakat dalam Penanggalan Jawa dalam Penentuan Waktu Pernikahan( studi kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan tahun 2013). Agastya, 5.

LPPOM.MUI. (2008). Panduan umum sistem jaminan halal. LPPOM.MUI.

MASYARAKAT, T. S. P. (2018). Renstra (Rencana Strategi) Kecamatan Kamal.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, E. (2019). Peran Kesadarn Merek Halal pada Perilaku Konsumen. Purwokerto Pres.

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisus.

Sugiyono, P. D. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. ALFABETA.

Sutardi, I. (2019). Analisis Persepsi Konsumen tentang Labelisasi Halal pada Pembelian Produk Makanan Impor dalam Kemasan ditinjau Perspektif Ekonomi Syariah di Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Ekonomi Kita, 8.

Tambunan, N., & Manshuruddin. (2018). Makna Makanan Halal dan Baik dalam Islam. CV Cattleya Darmaya Fortuna.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Susanti, S., & Mashudi. (2022). Analisis Pandangan Masyarakat Bangkalan terhadap Produk dengan Label Halal. Istithmar, 6(2), 146–158. https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i2.300