Optimalisasi Digital Marketing dan Sertifikasi Halal pada Produk UMKM

Authors

  • Agus Subandono
  • Astoeti Carlina Juniwardhani Universitas Pawyatan Daha Kediri
  • Setyo Hartono Universitas Pawyatan Daha Kediri
  • Muhammad Alfasa Ilham Haq Universitas Brawijaya Malang

DOI:

https://doi.org/10.30762/istithmar.v9i1.2161

Keywords:

Digital Marketing, Sertifikasi Halal, UMKM

Abstract

Penelitian ini secara fundamental berfokus pada kajian optimalisasi digital marketing dan sertifikasi halal pada produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Metodologi penelitian yang diimplementasikan dalam studi ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang didukung oleh pemanfaatan sumber data primer dan sekunder untuk mencapai kedalaman dan komprehensivitas analisis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa optimalisasi digital marketing dan sertifikasi halal pada UMKM di Desa Besowo masih belum mencapai tingkat yang diharapkan. Potensi sinergis antara keduanya dalam meningkatkan daya saing produk dan memperluas pasar belum dimanfaatkan secara efektif. Digital marketing memiliki potensi besar untuk mempromosikan sertifikasi halal sebagai unique selling proposition, yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan akses pasar. Namun, upaya integrasi ini terkendala oleh kurangnya kesadaran pemahaman pelaku UMKM, keterbatasan sumber daya, dan kapabilitas manajerial. Penelitian ini menekankan perlunya intervensi terstruktur melalui program edukasi dan pendampingan untuk memberdayakan UMKM dalam memanfaatkan kedua elemen ini secara optimal.

References

Adila, Amma Chorida, Inayah Priyatun, Nurul Hikmah Sofyan, Khafidh Abadi, and Jainul Arifin. 2023. “The Efforts Of The Halal Value Chain Ecosystem To Realize Indonesia As The World’s Biggest Halal Producer.” Al Tijarah 9 (1): 46–58. https://app.dimensions.ai/details/publication/pub.1164955484%0Ahttps://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah/article/download/10311/10898.

Adji, Kumara. 2024. “Indonesia Negara Berpenduduk Muslim Terbanyak Tapi Industri Halal Di Peringkat 10 Dunia.” Umsida.Ac.Id. 2024. https://umsida.ac.id/produksi-industri-halal-indonesia-peringkat-10-dunia/.

Anam, Khoirul. 2023. “Manajemen Risiko Operasional Bank Syariah; Teori Dan Manfaat.” Jurnal At-Tamwil Kajian: Kajian Ekonomi Syariah 5 (1): 16–31.

Ariyadi, Norhani, and Nova Nur A’ini. 2025. “Halal Certificate Implementation and Purchasing Power of Muslim Teenagers.” PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora 4 (3): 4688–99. http://ulilalbabinstitute.id/index.php/PESHUM/article/view/8719.

Cahyo Wulandari, Abdurrahman Al Kholili, Anawinta Choirunnisa, and Muhammad Mukhlas Cahyadi. 2023. “Optimalisasi Potensi UMKM Melalui Pendataan, Pendaftaran Izin Usaha, Sertifikasi Produk, Dan Pengembangan UMKM: Packaging, Branding, Dan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kualitas Usaha Di Desa Wedung, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak.” Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, Dan Teknologi Tepat Guna 1 (2): 71–80. https://doi.org/10.22146/parikesit.v1i2.9561.

Cholil, Muhammad, Muhammad Faizul Mamduh, Tanza Dona Pertiwi, Disca Aprilinda Cipto, and Sri Herianingrum. 2025. “Exploring the Economic Benefits of the Halal Certification in International Trade : A Literature Review.” Sriwijaya International Journal Of Dynamic Economics and Business 8 (4): 435–58. https://sijdeb.unsri.ac.id/index.php/SIJDEB/article/view/649.

Farizqiyah, Saila. 2024. “Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis Pemberdayaan UMKM (Studi Pada UMKM Tape Singkong Di Desa Kenduruan, Kabupaten Pasuruan).” Journal of Regional Economics Indonesia 5 (1). https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jrei/article/view/10479/pdf.

Faruque, Md Omar, and Saddam Nasir Chowdhury Md. Golam Rabbani Nure Alam Khan. 2024. “Technology Adoption and Digital Transformation in Small Businesses : Trends , Challenges , and Opportunities.” International Journal for Multidisciplinary Research (IJFMR) 6 (5): 1–21. https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i05.29207.

Fauziah, Heftika Nur, Aini Nur Fakhriyah, and Abdur Rohman. 2020. “Analisis Risiko Operasional Bank Syariah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 6 (2): 38–45. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/Al-Intaj/article/view/3380.

Hadi Mustofa, Bagus, and Luhur Prasetiyo. 2024. “Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Sertifikasi Halal Di Kabupaten Ponorogo.” Istithmar 7 (2): 159–72. https://doi.org/10.30762/istithmar.v7i2.716.

Halal.go.id. 2025. “Dashboard Sertifikasi Halal.” 2025. http://app.halal.go.id/dashboard/html/shdb.

Harahap, Faisal Hamdani, Iqbal Fahri Tobing, Muhammad Suhaimi, and Maryam Batubara. 2023. “Viral Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Halal.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9 (01): 1448–56. https://journal.uir.ac.id/index.php/syarikat/article/view/13543/6707.

Islam, Mohammad Mominul, Mohamed Syazwan Ab Talib, and Nazlida Muhamad. 2024. “Halal Certification of Marketing Mix Focusing on Cosmetics.” Journal of Islamic Marketing 16 (5): 1371–1409. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2024-0094/FULL/XML.

Jubba, Hasse, A Alfira Yuningsih M, Riska Erfiana Putri, and M. Nastain. 2023. “Contribution of Halal Certification to Industrial Development in Indonesia.” KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 16 (2): 126–41. https://doi.org/10.35905/kur.v16i2.6273.

Karimah, Iffah. 2015. “Perubahan Kewenangan Lembaga-Lembaga Yang Berwenang Dalam Proses Sertifikasi Halal.” Journal of Islamic Law Studies 1 (1): 107–31. https://scholarhub.ui.ac.id/jilsAvailableat:https://scholarhub.ui.ac.id/jils/vol1/iss1/4.

Khasanah, Miftakhul. 2024. “The Impact Of Habit And Halal Involvement On The Intention To Purchase International Branded Food: Evidence From Indonesia.” Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2023-0289/FULL/XML.

Kusnaeni, Anisa. 2020. “Pelatihan Bisnis Fashion Melalui Whatsapp Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Bagi UMKM Cimahi.” Jurnal COMM-EDU: Community Education 3 (1): 42–49. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/3694.

Muh. Ahsan Kamil, and Muhammad Rasyid Ridlo. 2024. “Analisis Potensi Digital Marketing Pada UMKM Industri Halal.” Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 7 (1): 166–77. https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(1).13543.

Nuseir, Mohammed T., and Ahmad Aljumah. 2020. “The Role of Digital Marketing in Business Performance with the Moderating Effect of Environment Factors among SMEs of UAE.” International Journal of Innovation, Creativity and Change 11 (3): 310–24.

Omar, Faradillah Iqmar, Ummi Munirah Syuhada Mohamad Zan, Nor Azlili Hassan, and Izzurazlia Ibrahim. 2020. “Digital Marketing: An Influence towards Business Performance among Entrepreneurs of Small and Medium Enterprises.” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 10 (9): 126–41. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v10-i9/7709.

Prananta, Arie Wahyu, Lina Maulidiana, Siska Armawati Sufa, and Muhammad Aria Wahyudi. 2024. “Impact of Digital Marketing Strategies on Consumer Purchasing Decisions in the Indonesian Market: The Mediating Role of Customer Satisfaction.” International Journal of Business, Law, and Education 5 (1): 530–38. https://doi.org/10.56442/ijble.v5i1.417.

Rachman, Abdul, and Bilaly Sangare. 2023. “Synergy and Collaboration Between Government and Private Institutions in Building Halal Ecosystems in Indonesia.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 23 (2): 303–26. https://doi.org/10.22373/JIIF.V23I2.17507.

Ridwan, Ahmad Hasan, Muhammad Hasanuddin, Ikhwan Aulia Fatahillah, and Ine Fauzia. 2020. “Authorization of Halal Certification in Indonesia Malaysia And Singapore.” International Journal of Psychosocial 24 (8): 7992–8011. https://etheses.uinsgd.ac.id/31103/.

Saka, Dijan Novia. 2017. “Implementasi Franchise Berbasis Syari’ah Di Sektor UMKM.” Jurnal Istithmar 1 (1): 31–41. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/istithmar/article/view/109/93.

Salihin, Agus. 2020. “Peran Dan Tanggung Jawab Dewan Pengawas Syariah (DPS) Terhadap Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Dana Sejahtra Yogyakarta.” Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah VI (2).

Sari, Widya Ratna, Faricha Lita Nabbila, and Dewi Fatmala Putri. 2023. “Perkembangan Pembiayaan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Dalam Mendorong Pertumbuhan UMKM.” Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi (DINAMIKA) 3 (2): 164–70. https://journal.stiestekom.ac.id/index.php/dinamika/article/view/398/352.

Sri Ernawati, and Iwan Koerniawan. 2023. “Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk UMKM Di Kota Bima.” E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 16 (1): 207–15. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v16i1.1185.

Widjanarko, Bambang. 2019. “Konsep Dasar Dalam Pengumpulan Data Penyajian Data.” Sats4213/Modul 1, 1–45.

Yener, Dursun. 2022. “The Effects of Halal Certification and Product Features on Consumer Behavior.” International Journal of Management Studies 29 (2): 101–36. https://doi.org/10.32890/ijms2022.29.2.5.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Agus Subandono, Astoeti Carlina Juniwardhani, Setyo Hartono, & Muhammad Alfasa Ilham Haq. (2025). Optimalisasi Digital Marketing dan Sertifikasi Halal pada Produk UMKM. Istithmar, 9(1), 15–27. https://doi.org/10.30762/istithmar.v9i1.2161