Analisis Laporan Keuangan untuk Mengukur Kinerja Kuangan PT Astra Internasional TBK

Authors

  • Rosi Aidila Safitri IAIN Ponorogo
  • Sheilla Merliana Widya Susanti IAIN Ponorogo
  • Sukma Laili Surya Puspita Zulfatunisa IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i2.198

Keywords:

Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas , ; Rasio Profitabilitas, Kinerja Keuangan

Abstract

PT Astra International Tbk merupakan perusahaan industri yang bergerak di industri otomotif perusahaan ini bahkan sudah tercatat di bursa efek Indonesia. Dalam sebuah perusahaan pasti mempunyai suatu laporan keuangan. Hal ini juga, berlaku pada kinerja keuangan PT Astra International Tbk. Kegiatan ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar keuntungan maupun kerugian dalam menjalani kegiatan perusahaan. Kinerja keuangan suatu perusahaan dapat dinilai dan diketahui dengan menggunakan 4 alat yaitu, Rasio likuiditas, Rasio solvabilitas, Rasio aktivitas, dan Rasio Profitabilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyajian laporan keuangan perusahaan tersebut sudah sesuai dengan PSAK No.1 (Revisi 2009), serta untuk mengetahui kinerja likuiditas, kinerja solvabilitas, kinerja profitabilitas perusahaan, dan kinerja aktivitas. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif , dengan cara menganalisis data kinerja keuangan perusahaan dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 dengan menggunakan analisis rasio keuangan dengan menggunakan data yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Serta, data dari situs resmi PT Astra International Tbk.

References

Abdullah, Faisal. (2003).Manajemen Perbankan. Malang: UMM Press.

Aditya, T & Nawawi R. (2018). “Dekonstruksi Akuntansi: Peran Akuntansi dalam Membangun Peradaban (Kritik Terhadap Akuntansi Tradisional)”, Istithmar: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, Vol. 2 (2), Desember, Hlm. 219-236.

Anam, Choiril, and Purnama Sariati. 2021. “Rasionalitas Konsumsi Di Masa Pandemi Perspektif Islam.” Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah 5 (1). http://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/istithmar/article/view/17.

Purnomo, Joko Hadi, Anike Putri Rahmawati, and Niswatin Nurul Hidayati. 2021. “Handling The Financing Problem: A Narrative Study of Agricultural Capital Financing Murabahah Contracts at BMT.” Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah 5 (2). https://doi.org/10.30762/ISTITHMAR.V5I2.78.

Astuti, dkk. (2021). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Media Sains Indonesia.

Hery. (2016).Analisis Laporan Keuangan-Integrated And Comprehensive. Jakarta: Gramedia Widiasarana indonesia.

Munawar,dkk. (2022). Teori dan Aplikasi Akuntansi Keuangan. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Paseki,Aldrian, dkk. (2021). “Analisis Laporan Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan PT Hasjrat Abadi Manado,” Jurnal Produktivity, Volume 2 Nomor 1(t.t.).

Yunus, Jamal Lulail. (2009). Manajemen Bank Syariah. Malang: UIN Malang Press.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Rosi Aidila Safitri, Sheilla Merliana Widya Susanti, & Sukma Laili Surya Puspita Zulfatunisa. (2022). Analisis Laporan Keuangan untuk Mengukur Kinerja Kuangan PT Astra Internasional TBK. Istithmar, 6(2), 137–145. https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i2.198