Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Pengaruhnya terhadap Impulse Buying di E-Commerce Shopee
DOI:
https://doi.org/10.30762/istithmar.v9i1.1521Keywords:
Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Impulse BuyingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup berbelanja dan keterlibatan mode terhadap pembelian impulsif mahasiswa FEBI IAIN Kediri angkatan 2021 di e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa FEBI IAIN Kediri angkatan 2021 dengan jumlah 634 mahasiswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan jenis purposive sampling, maka diperoleh hasil sampel sebesar 245 mahasiswa. Teknik analisisnya yaitu analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel gaya hidup belanja tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, sedangkan variabel keterlibatan mode berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Secara simultan, variabel gaya hidup belanja dan keterlibatan mode berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif mahasiswa FEBI IAIN Kediri angkatan 2021 di e-commerce Shopee.
References
Ahdiat, Adi. 2023. “Tren Pengunjung E-Commerce Kuartal III 2023, Shopee Kian Melesat.” 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/11/tren-pengunjung-e-commerce-kuartal-iii-2023-shopee-kian-melesat.
Aminatus Zahriyah, Suprianik, Agung Parmono, Mustofa. 2021. Ekonometrika Tekhnik Dan Aplikasi Dengan SPSS. Jember: Mandala Press.
Anggraini, Dewi, Ferayani Ferayani, Williny Williny, Ngadjudin Nugroho, and Anggia Arif. 2022. “Analisis Shopping Lifestyle & Fashion Involvment Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pembelian Kaos Pada Mahasiswa Politeknik Cendana).” Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik 7 (2): 294–301.
Annur, Cindy Mutia. 2023. “Pengguna Internet Di Indonesia Tembus 213 Juta Orang Hingga Awal 2023.” 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023.
Arfia, Mega. 2022. “Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Pada Produk Fashion Muslim Di E-Commerce.” Youth & Islamic Economic Journal 03 (02): 19–30.
Choirul, Achmad, and Yessy Artanti. 2019. “Millennials’s Impulse Buying Behaviour: Why Positive Emotion Does Not Mediate?” Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura 22 (2): 223–36. https://doi.org/10.14414/jebav.v22i2.1738.
Chusniasari. 2015. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Pelanggan.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 4 (12).
Cobb Cathy J., Hoyer Wayne D. 1986. “Planned Versus Implusive Purchase Behaviour.” Journal of Retailing 62 (4).
Digdowiseiso, Kumba. 2017. Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Jakarta: LPU-UNAS.
Dr. Imam Machali, M.Pd. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif( Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan Dan Analisis Dalam Penelitian Kuantitatif). Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50344/1/Metode Penelitian Kuantitatif %28Panduan Praktis Merencanakan%2C Melaksa.pdf.
Edwin Japarianto, and Sugiono Sugiharto. 2011. “Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran 6 (1): 32–41. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/mar/article/view/18388.
Fatmawatie, Naning. 2022. E Commerce Dan Perilaku Konsumtif. Naning Fatmawatie. Kediri: IAIN Kediri Press.
Febriani, Shintia Fitri, and Nuri Purwanto. 2019. “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Hijab Butik Rabbani Jombang.” JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 2 (2): 53–62. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i2.372.
Geoff Bayley, Clive Nancarrow. 1998. “Impulse Purchasing: A Qualitative Exploration Of The Phenomenon.” Qualitative Market Research: An International Journal 1 (2).
Gunawan, Cindy. 2023. “E-Commerce Memicu Mahasiswa Semakin Konsumtif.” 2023. https://bandungbergerak.id/article/detail/2033/e-commerce-memicu-mahasiswa-semakin-konsumtif.
Gunawan, Graciella Tansah, and Tony Sitinjak. 2018. “Pengaruh Keterlibatan Fashion Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Terhadap Remaja Dan Pemuda Dki Jakarta).” Jurnal Manajemen 7 (2): 109–23.
H, Kim. 2005. “Consumer Profiles of Apparel Product Involvement And Values.” Journal of Fashion Marketing and Management 9 (2).
Hamdani, Nizar Alam, Meli Kamila Muharwiyah, and Rohimat Nurhasan. 2022. “Pengaruh Price Discount Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee Di Kabupaten Garut.” Business Innovation and Entrepreneurship Journal 04 (01): 43–50.
Heridiansyah, Jefri, Ellen Rima Melati, and Rokhmad Budiyono. 2023. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee.” Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik) 15 (2): 190–206. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v15i2.629.
Jonh C. Mowen, Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Lailla Nur Qammaidha, Sugeng Purwanto. 2022. “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Hedonic Consumption Terhadap Impulse Buying Pada Tokopedia.” Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9 (1).
Lestari, Ratna Budi. 2022. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).” UIN Raten Intan Lampung.
Linda Rosalina, Rahmi Oktarina, Rahmiati, Indra Saputra. 2023. Buku Ajar Stastika. Padang: CV Muharika Rumah Ilmiah.
Martiana Wulandari, Ai Lili Yuliati. 2019. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pengunjung Transmart Carrefour Buah Batu Bandung.” Jurnal Ilmiah MEA 3 (3).
Mifta, Mutiara Sungkono, and Maskur Ali. 2023. “Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation, Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Situs Belanja Online (Studi Terhadap Pengguna Tokopedia Di Kota Semarang).” Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi 7 (2): 153–63.
Mochammad Chabachib, Muhammad Irham Abdurahman. 2020. Deterninan Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi. Semarang: UNDIP Press.
Natoil. 2023. “Analisis Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Serta Pengaruhnya Terhadap Impulse Buying Behavior.” Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik) 15 (1): 151–60. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v15i1.617.
Nitisusastro, H. Mulyadi. 2013. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
O’Cass. 2004. “Fashion Clothing Consumption: Antecedents And Consequences Of Fashion Clothing Involvement.” European Journal of Marketing 38 (7).
Padmasari, Dwi, and Widyastuti Widyastuti. 2022. “Influence of Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Sales Promotion on Impulse Buying on Users of Shopee.” Jurnal Ilmu Manajemen 10 (1): 123–35. https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p123-135.
Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakos.
Purnomo, Rochmat Aldy. 2016. Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: CV Wade Group.
Puspitasari, Ayu, and Septi Novita Sari Telaumbanua. 2022. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Perilaku Impulse Buying.” Jurnal Ilmiah Poli Bisnis 14 (1): 41–50. https://doi.org/10.30630/jipb.v0i0.749.
Putri Agustin Dwi Ningrum, Hery Pudjoprastyono. 2023. “Shopping Lifestyle Dan Diskon Terhadap Impulse Buying Di E-Commerce.” Journal of Management and Business 5 (1).
Sahir, Syafrida Hafni. 2021. Metodologi Penelitian. Bantul: KBM Indonesia.
Shaifali Chauhan, Richa Banerjee, Vishal Dagar. 2023. “Analysis of Impulse Buying Behaviour of Consumer During Covid-19: An Empirical Study.” Sage Journals 14 (2).
Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Sidik Priadana, Denok Sunarsi. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.
Solomon, Michel R. 2013. Consumer Behavior Buying, Having, and Being 10th Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Sucidha, Irma. 2019. “Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pelanggan Duta Mall Banjarmasin.” At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen 3 (1): 1–10. https://doi.org/10.31602/atd.v3i1.1705.
Sulistyowati, and Alvy Zainuna. 2023. “Hedonis Lifestyle on Impulse Buying Behavior Monzer Kahf Islamic Consumption Perspective.” MEC-J (Management and Economics Journal) 7 (1): 113–26. https://doi.org/10.18860/mec-j.v7i1.19779.
Tumanggor, Simon, Prasetyo Hadi, and Rosali Sembiring. 2022. “Pembelian Impulsif Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Konsumen Shopee Di Jakarta Selatan).” Journal of Business and Banking 11 (2): 251. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i2.2733.
Umboh, Z, L Mananeke, and R Samadi. 2018. “Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Behaviour Konsumen Wanita Di Mtc Manado. the Influence of Shopping Lifestyle, Fashion Involvement and Sales Promotion To Impulse Buying Behavior of Women Consumer.” Jurnal EMBA 6 (3): 1638–47.
Utami, Christina Whidya. 2018. Manajemen Ritel: Strategi Dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Wahyuni, Syafitri, Wan Rizca Amelia, and Ahmad Rafiki. 2023. “Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis ( JIMBI ) Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Invovement Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Toko Pakaian Tri Collection Di Desa Bandar Masilam , Kecamatan Bandar Masilam The Effect of Shopping Lifestyle and Fashio.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 4 (1): 91–97. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i1.1686.
Wardani, Siyamida Fira, Sri Nuringwahyu, and Dadang Krisdianto. 2022. “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis.” JIAGABI 11 (1): 243–52.
Warmika, I Made Willy Setiadi dan I Gde Ketut. 2015. “Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Konsumen Fashion Yang Dimediasi Positive Emotion Di Kota Denpasar.” E-Jurnal Manajemen Unud 4 (6): 1684–1700.
Widodo, Slamet, Festy Ladyani, La Ode Asrianto, Rusdi, Khairunnisa, Sri Maria Puji Lestari, Dian Rachma Wijayanti, et al. 2023. Buku Ajar Metode Penelitian. Pangkalpinang: CV Science Techno Direct.
Yulia Hermanto, Elleinda. 2016. “Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat Surabaya Dengan Hedonic Shopping Motivation Dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Merek Zara.” Jurnal Manajemen Pemasaran 10 (1): 11–19. https://doi.org/10.9744/pemasaran.10.1.11-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Defita Putri, Yuliani, Rendi Ardika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.