Inovasi Kepemimpinan Manajemen Bank Muamalat Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30762/istithmar.v6i1.139Keywords:
Virtual Leadership, Communication, Covid 19Abstract
Kepemimpinan virtual menjadi terobosan baru dalam mendukung efisiensi dan efektivitas kepemimpinan di tengah ekonomi yang lesu karena wabah covid 19. Kepemimpinan virtual juga menitikberatkan pada pencapaian hubungan baik dan maksimal dalam komunikasi karyawan secara jarak jauh. Inovasi kepemimpinan virtual membentuk tim virtual dalam menjalankan pekerjaan di sebuah organisasi. Penelitian kepemimpinan virtual dilakukan di Bank Muamalat Indonesia dengan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian dengan mendeskripskan hasilnya dalam bentuk uraian atas fenomena yang terjadi. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis sesuai tahapan. Hasil penelitian yang dideskripsikan adalah adanya efek positif atas Inovasi manajemen pada kepemimpinan virtual yang dirasakan oleh pimpinan, karyawan dan feedback nasabah. Sehingga eksistensi bisnis pada Bank Muamalat dapat tercapai dan mendapat kepercayaan masyarakat dalam memudahkan transaksi di tengah kebijakan lockdown pada masa corona yang terjadi di Indonesia.
References
Aladwani, Adel M., and Yogesh K. Dwivedi. 2018. “Towards a Theory of SocioCitizenry: Quality Anticipation, Trust Configuration, and Approved Adaptation of Governmental Social Media.” International Journal of Information Management 43 (December): 261–72. https://doi.org/10.1016/J.IJINFOMGT.2018.08.009.
Andriani, and Indra Nuraini. 2021. “Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pengunaan OVO (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Kediri Angkatan 2016).” Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah 5 (1). https://doi.org/10.30762/ISTITHMAR.V5I1.15.
Ardhanareswari, Resti. 2017. “Pelaksanaan Dan Pengungkapan Good Corporate Governance Pada Bank Umum Syariah.” Law and Justice 2 (1): 66–78. https://doi.org/10.23917/LAJ.V2I1.4338.
Avolio, Bruce, Simran Kahai, and George Dodge. 2000. “E-Leadership: Implications for Theory, Research, and Practice.” The Leadership Quarterly 11 (December): 615–68. https://doi.org/10.1016/S1048-9843(00)00062-X.
“Bank Muamalat.” n.d. Accessed June 2, 2022. https://www.bankmuamalat.co.id/produk-layanan-consumer.
Bell, Bradford, and Steve Kozlowski. 2002. “A Typology of Virtual Teams: Implications for Effective Leadership.” Faculty Publications - Human Resource Studies 27 (March). https://doi.org/10.1177/1059601102027001003.
Crino, Michael D., and Michael C. White. 2016. “Satisfaction in Communication: An Examination of the Downs-Hazen Measure:” Http://Dx.Doi.Org/10.2466/Pr0.1981.49.3.831 49 (3): 831–38. https://doi.org/10.2466/PR0.1981.49.3.831.
Hafizd, Jefik Zulfikarn. 2020. “Peran Bank Syariah Mandiri ( Bsm ).” Jurnal Al-Mustashfa: Penelitian Hukum Ekionomi Islam 5 (2).
Hasanah, Uswatun, Arintowati H Handoyo, Poppy Ruliana, and Irwansyah Irwansyah. 2018. “Efektivitas E-Mail Sebagai Media Komunikasi Internal Terhadap Kepuasan Komunikasi Karyawan.” Inter Komunika : Jurnal Komunikasi 3 (2): 153. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.233.
Ibrahim, Mohd Yusri. 2014. “Model of E–Leadership, Intra–Team Communication and Job Satisfaction among School Leaders in Malaysia.” Mediterranean Journal of Social Sciences 5 (23): 1927–31. https://doi.org/10.5901/MJSS.2014.V5N23P1927.
Kasmir. 2002. “Penilaian Kesehatan Bank.” Percikan: Pemberiataan Ilmiah 92 (1): 47–55.
Laukkanen, Tommi. 2017. “Mobile Banking.” International Journal of Bank Marketing 35 (7): 1042–43. https://doi.org/10.1108/IJBM-10-2017-0218.
Mattayang, Besse. 2019. “Tipe Dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis.” JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting 2 (2): 45. https://doi.org/10.35914/jemma.v2i2.247.
Mujahidin, Endin, Abbas Manshur Tamam, and Akhmad Alim. 2022. “Konsep Manajemen Waktu Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 11 (4): 129–46. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2203.
Mutiasari, Annisa Indah. 2020. “Perkembangan Industri Perbankan Di Era Digital.” JURNAL EKONOMI BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN 9 (2): 32–41. https://doi.org/10.47942/IAB.V9I2.541.
Publik, Organisasi, Strategi Dan, Fisip Universitas, Islam Darul, and Ulum Lamongan. 2018. “Oleh : Nurul Amaliyatul Fitriyah Dan Agus Suliyadi Tiga Akar Masalah Yaitu Faktor Gaya Kepemimpinan , Budaya Organisai Dan” 10 (1): 79–91.
Rosidi, Muhammad, Fakultas Ekonomi, Universitas Panca, and Sakti Bekasi. 2022. “Pengaruh E-Training , E-Leadership Dan Work Life Balance Terhadap Employee Performance Pada Masa Covid-19” 2 (2): 102–7.
Sugiarto, Suprihantosa, Nurul Aulia Febriyani, and Iain Kediri. 2021. “Model Penghimpunan Dan Pendayagunaan Dana Umat Melalui Gerakan Koin NU Peduli.” Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah 5 (1). https://doi.org/10.30762/ISTITHMAR.V5I1.88.
Utama, Andrew Shandy. 2018. “Sejarah Dan Perkembangan Regulasi Mengenai Perbankan Syariah Dalam Sistem Hukum Nasional Di Indonesia.” Jurnal Wawasan Yuridika 2 (2): 187–200. https://doi.org/10.25072/JWY.V2I2.180.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Binti Mutafarida, Ning Purnama Sariati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.