Perlindungan Konsumen pada Kosmetik Halal di Indonesia: Analisis Bibliometrik

Authors

  • Alda Srilupita Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Duhriah Universitas Negeri Imam Bonjol, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/istithmar.v8i1.1310

Keywords:

perlindungan Konsumen, Halal, Bibliometrik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pentingnya produk-produk seperti kosmetik yang telah menjadi bagian esensial dalam kehidupan sehari-hari. Sebab banyak produk kosmetik beragam dan telah terdaftar, namun tidak semua produk di pasaran dijamin kehalalannya. Isu mengenai kehalalan produk, terutama pada makanan dan kosmetik, dapat berdampak serius pada stabilitas ekonomi nasional. Penelitian ini melibatkan metode bibliometrik, khususnya pendekatan bibliometrik, untuk menganalisis publikasi ilmiah yang relevan dengan perlindungan konsumen pada kosmetik halal di Indonesia. Penggunaan metode bibliometrik untuk memberikan wawasan komprehensif mengenai tren penelitian dan mengisi celah pengetahuan untuk penelitian selanjutnya. Tahapan analisis penulis lakukan dengan pencarian data di Dimensions, Data hasil pencarian dianalisis melalui Network Visualization, Overlay Visualization, dan Density Visualization menggunakan aplikasi Vosviwer. Hasil dan pembahasan menunjukkan perkembangan publikasi yang signifikan dalam 10 tahun terakhir, dengan puncak jumlah publikasi pada tahun 2021. Analisis kolaborasi penulis (Co-Authorship) menunjukkan hubungan antara beberapa peneliti, sementara analisis hubungan kata kunci menggambarkan fokus penelitian yang beragam. Adanya hubungan antar peneliti dan variasi fokus penelitian ini menunjukkan pentingnya kerjasama dan pemahaman mendalam dalam menjaga kehalalan produk kosmetik di Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya pemahaman yang lebih mendalam mengenai kehalalan produk kosmetik dan pentingnya perlindungan konsumen. Dengan kerjasama yang baik antar peneliti dan pemangku kepentingan, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan sehat bagi konsumen dalam memilih produk kosmetik halal di Indonesia.

References

Agus, P. A. (2017). Kedudukan Sertifikasi Halal Dalam Sistem Hukum Nasional Sebagai Upaya Perlindungan Konsumen Dalam Hukum Islam. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 150–165. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2172

ANGRIYANI, A. M. (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Muslim Dari Produk Pangan Yang Tidak Berlabel Halal Dalam Perspektif Hukum Positif Yang Terkait Di Indonesia Dan Di Korea. Dialogia Iuridica: Jurnal Hukum Bisnis Dan Investasi, 12(1), 049–063. https://doi.org/10.28932/di.v12i1.2987

Ayunda, R., & Kusuma, V. Z. A. (2021). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Muslim Terhadap Produk Kosmetik Yang Memiliki Kandungan Non-Halal Di Indonesia. Maleo Law Journal, 5(I), 123–138. http://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/MLJ/article/view/1466

Chairunnisyah, S. (2018). Peran Majelis Ulama Indonesia Dalam Menerbitkan Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Kosmetika. Angewandte Chemie International Edition, 3(2), 10–27.

Darmawan, B., Shalihin, N., & Nopriyasman, N. (2023). Analisis bibliometrik perkembangan penelitian tentang perjuangan ulama menggunakan Vosviewer. Daluang: Journal of Library and Information Science, 3(2).

Effendy, F., Gaffar, V., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. (2021). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 16(1), 10–17. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.83

Erna Ferrinadewi. (2005). Atribut Produk Yang Dipertimbangkan Dalam Pembelian Kosmetik Dan Pengaruhnya Pada Kepuasan Konsumen Di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(2), pp.139-151. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/16360

Gunawan, A. C., & Susanti, F. (n.d.). MAYBELLINE DI KOTA PADANG.

Hartati, I., Ariyani, S., Haswati, H., Nafik, H. A., & Zulfa, D. Y. (2020). Analisa Bibliometrik Publikasi Ilmiah Bertema Biorefineri Biomassa Berlignoselulosa. Jurnal Inovasi Teknik Kimia, 5(1). https://doi.org/10.31942/inteka.v5i1.3401

Komalasari, R., Munawar, Z., & Putri Novianti, I. (2021). Review penelitian teknologi informasi, komunikasi, dan COVID-19 menggunakan teknik Bibliometrik. Jurnal ICT: Information Communication & Technology, 34–41.

Lahaling, H., Makkulawuzar, K., & Rukka, S. (2015). Hakikat Labelisasi Halal terhadap Perlindungan Konsumen di Indonesia. Hasanuddin Law Review, 1(2), 282. https://doi.org/10.20956/halrev.v1n2.84

Lestari, T. R. P. (2020). Keamanan Pangan Sebagai Salah Satu Upaya Perlindungan Hak Masyarakat Sebagai Konsumen. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(1), 57–72. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v11i1.1523

Lina Pangaribuan. (2017). EFEK SAMPING KOSMETIK DAN PENANGANANYA BAGI KAUM PEREMPUAN. 15(2), 20–28.

Marwantika, A. I. (2022). Analisis Bibliometrik Tren Kajian Dakwah Pada Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia. Journal of Da’wah.

Nukeriana, D. (2018). Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan Di Kota Bengkulu. Jurnal Qiyas, 3(1), 155–162. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/QIYAS/article/view/1310/1102

Shaputra, R. K. (2013). Penerapan Green Marketing Pada Bisnis Produk Kosmetik. Jurnal JIBEKA, 7(Green Marketing), 7.

Suparto, S., D, D., Yuanitasari, D., & Suwandono, A. (2016). Harmonisasi Dan Sinkronisasi Pengaturan Kelembagaan Sertifikasi Halal Terkait Perlindungan Konsumen Muslim Indonesia. Mimbar Hukum - Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 28(3), 427. https://doi.org/10.22146/jmh.16674

Triasih, D., Heryanti, B. R., & Kridasaksana, D. (2017). Kajian Tentang Perlindungan Hukumbagi Konsumen Terhadap Produk Makanan Bersertifikat Halal. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(2), 214. https://doi.org/10.26623/jdsb.v18i2.571

Tupan, T., Rahayu, R. N., Rachmawati, R., & Rahayu, E. S. R. (2018). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Bidang Ilmu Instrumentasi. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(2), 135. https://doi.org/10.14203/j.baca.v39i2.413

Wahyudin, R., & Abidin. (2019). Pemetaan Informasi Sebaran Bidang Ilmu Pada Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Lulusan IPB University Tahun 2015 - 2019 Berdasarkan Universal Decimal Classification: Suatu Kajian Bibliometrika. Jpi, 19(2), 115–133.

Wahyuningsih, I., & Indonesia, P. U. (2018). INTENSI KONSUMEN TERHADAP KOSMETIK DAN PRODUK SKINCARE HALAL DI INDONESIA : PENDEKATAN THEORY OF. 3(1).

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

Zakiyyah, F. N., Winoto, Y., & Rohanda, R. (2022). Pemetaan bibliometrik terhadap perkembangan penelitian arsitektur informasi pada Google Scholar menggunakan VOSviewer. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(1), 43. https://doi.org/10.24198/inf.v2i1.37766

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Srilupita, A., & Duhriah. (2024). Perlindungan Konsumen pada Kosmetik Halal di Indonesia: Analisis Bibliometrik. Istithmar, 8(1), 74–88. https://doi.org/10.30762/istithmar.v8i1.1310