Pengaruh Uang Saku, Pengalaman Pelanggan dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Online

Authors

  • Afridatul Fikriyah Sekolah Tinggi Agama Islam Syubbanul Wathon
  • Yeny Fitriyani Sekolah Tinggi Agama Islam Syubbanul Wathon Magelang

DOI:

https://doi.org/10.30762/istithmar.v8i1.1259

Keywords:

Uang Saku, Pengalaman Pelanggan, Gaya Hidup, Pengambilan Keputusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Pengaruh uang saku terhadap keputusan pembelian produk online shop Santri Al Husna Payaman. 2)Pengaruh Pengalaman Pelanggan Terhadap Keputusan pembelian produk online shop Santri Al- Husna Payaman. 3)  Pengaruh Gaya Hidup terhadap keputusan pembelian produk online shop Santri Al- Husna Payaman. Model yang digunakan dalam analisis data adalah menggunakan program analisis skala guttman (SKALO). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skalo- Program Analisis Skala Guttman Versi 3. Data yang digunakan adalah adata primer dengan pengambilan melalui kuisioner. Hasil Penelitian menunjukan untuk 1) Uang Saku dengan besaran ≤Rp.500.000 perbulan menunjukan bahwa pembelian online shop Santri Al- Husna Payaman masih mempertimbangkan keputusan pembelian dengan 0-1 kali dalam waktu satu bulan 2)Pengalaman Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online shop yang ditunjukan dengan nilai rata- rata persentase sebesar 85% dan termasuk dalam kategori tinggi 3) Gaya Hidup berpengaruh signifikan yang ditunjukan dengan nilai rata- rata persentase sebesar 78% dan termasuk kedalam kategori tinggi.

References

Anggraeni, N. A., & Fitriyani, Y. (2020). Penerapan Theory Of Planned Behavior ( TPB ) Pada Niat Infak Untuk Keluarga di Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. XX(Xx). https://doi.org/10.1108/AJIM.vol2.iss1.artxx

Gahagho, Y. D., Rotinsulu, T. O., & Mandeij, D. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Sikap Keuangan San Sumber Pendapatan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat Dengan Niat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal EMBA, 9(1), 543–555.

Kloter, K., Phillip, P., & Kaller, K. K. (2016). Manajemen Pemasaran. PT Indeks Kelompok Gramedia. k

Kloter, P. (1996). Marketing (H. Purwoko (ed.); Jilid 1). ERLANGGA.

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Hasil Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Copyright OJK. https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.aspx#:~:text=Literasi Keuangan memiliki tujuan,produk dan20layanan jasa keuangan

Purwanto, P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah (A. Saifudin (ed.); Pertama). STAIA PESS. staiapress@staia-sw.ac.id

Rohmanto, F., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Lifestyle Hedonis Dan Sikap Keuangan Pribadi Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. E-Jurnal ECOBISMA, 8(1), 40–48.

Shofa, E., Umma, R., Qomar, M. N., & Arifin, J. (2020). Keputusan Santri Dalam Membeli Di Online Shop : Antara Lifestyle , Trust Dan Price. 05, 15–30.

Sholehah, R. (2023). Pondok Pesantren Al Husna Payaman Magelang. Kompas. kompasiania.com/matusbest3825/6488497a08a8b54937799922/pondk-pesantren-alhusna-payaman-magelang

Simanjuntak, D. R., & Harahap, M. S. (2020). Pembelajaran Secara Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. 3(3), 142–146.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &d (19th ed.). Alfabeta Bandung. www.cvalfabeta.com

Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. In Journal Academia.

Udin, B. (2017). Buku Ajar Statistik Pendidikan (T. Multazam (ed.)). UMSIDA Press.

Waluyo, D. (2023). Indonesia Naik Kelas. INDONESIA.Go.ID.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Fikriyah, A., & Fitriyani, Y. (2023). Pengaruh Uang Saku, Pengalaman Pelanggan dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Online. Istithmar, 8(1), 42–48. https://doi.org/10.30762/istithmar.v8i1.1259