Strategi Peningkatan Kualitas Produk dan Penentuan Harga untuk Menumbuhkan Loyalitas Konsumen pada UMKM Jaguar Tas Pos di Kabupaten Tulungagung

Authors

  • Anisa Wahyu Anisa Wahyu Safitri Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung
  • Firda Zulfa Fahriani Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30762/istithmar.v8i2.1113

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Konsumen

Abstract

Perusahaan selalu melakukan langkah strategis dalam menjaga loyalitas konsumen. Seperti yang dilakukan UMKM Jaguar Tas Pos yang berlokasi Kabupaten Tulungagung ini, menawarkan ukuran tas pos yang bervariasi dengan harga yang sesuai untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari pemilik, karyawan, dan konsumen UMKM Jaguar Tas Pos. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan kondensasi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Lalu pengecekan keabsahan temuan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) UMKM Jaguar Tas Pos mampu menumbuhkan loyalitas dengan menggunakan 4 strategi peningkatan kualitas produk yaitu pengembangan produk, proses pengamatan daur hidup produk,  Total Quality Manajement (TQM) dan atribut produk; (2) UMKM Jaguar Tas Pos mampu meningkatkan loyalitas konsumen dengan adanya penetapan harga melalui metode Cost Plus Pricing dengan pendekatan Variable Costing. Jadi, dengan adanya 4 strategi peningkatan kualitas produk dan metode penetapan harga yang digunakan oleh UMKM Jaguar Tas Pos terbukti mampu menumbuhkan loyalitas konsumen pada perusahaan tersebut.

References

Abdussamad, Dr. H. Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by M.Si Dr. Patta Rapama, SE. 1st ed. Makssar: CV. Syakir Media Press.

Chaniago, Harmon. 2021. “Analisis Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk , Dan Harga Pada Loyalitas Konsumen Nano Store Analysis of Service Quality , Products Quality , and The Price on Nano Store Consumers ’ Loy ... Available at Https://Ijabo.A3i.or.Id Analisis Kualitas Pelayanan.” International Journal Administration, Business and Organization, 1 (December 2020): 59–69.

Daga, Rosnaini. 2019. Buku 1 , Citra , Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan.

Endriatomo, Satrio, and Aspyan Noor. 2021. “Penentuan Harga Jual Produk Dengan Pendekatan Full Costing Determination of the Selling Price of the Product with a Full Costing Approach” 18 (3): 392–98.

Ernawati, Diah. 2019. “Promosi Terhadap Jeputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal Wawasan Manajemen 7: 17–32.

Ibrahim, Malik. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) 4 (1): 175–82.

Iriani, Sri Setyo. 2013. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen.” Jurnal Ilmu Manajemen 1: 910–17.

Kondoy, Irvana Marina, Ventje Ilat, and Winston Pontoh. 2015. “Penerapan Cost Plus Pricing Dalam Keputusan Penepatan Harga Jual Untuk Pesanan Khusus Pada UD. Dewa Bakery Manado.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 15 (03): 141–51.

Purnama, Dian, and Andi Wawo. 2019. “Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing Dengan Pendekatan Full Costing.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi 10 (1): 119–32.

Qomariah, Nurul, Universitas Muhammadiyah Jember, Haris Hermawan, and Universitas Muhammadiyah Jember. 2020. “Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen,” no. March. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1792.

Resmi, Ni Nyoman. 2011. “Strategi Meningkatkan Kualitas Produk Untuk Menang Dalam Kompetisi.” Jurnal Sains Dan Teknologi 10 (3): 132–44.

Robi Cahyadi Kurniawan. 2016. Inovasi Kualitas Kelayanan Publik Pemerintah Daerah. Fiat Justisia Journal of Law. Vol. 10.

Rofiah, Chusnul, and Dwi Wahyuni. 2017. “Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang.” Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis 12 (1): 69–82.

Runtu, Treesje. 2014. “Penentuan Harga Jual Produk Dengan Menggunakan Metode Cost Plus Pricing Pada UD. Sinar Sakti.” Jurnal EMBA 2 (3): 208–17.

Santika, Wayan. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan.” E Jurnal Manajemen 8 (11): 6762–81.

Sarfiah, Sudati Nur, Hanung Eka Atmaja, and Dian Marlina Verawati. 2019. “Jurnal REP ( Riset Ekonomi Pembangunan )” 4 (1): 137–46.

Sembiring, Inka Janita. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan ( Studi Pada Pelanggan McDonald ’ s MT . Haryono Malang )” 15 (1): 1–10.

Setyanto, Linggar Eka. 2017. “( Survei Pembeli Apple IPhone Pada Mahasiswa / Mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013 / 2014 Universitas Brawijaya Malang )” 46 (2): 19–27.

Slat, Andre Henri. 2013. “Analisis Harga Pokok Dengan Metode Full Costing Dan Penentuan Harga Jual.” Jurnal EMBA 1 (3): 110–17.

Sonatasia, Destri. 2020. “Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong.” Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis 1 (Vol. 1 No. 1 (2020): Juli 2020): 11–25.

Suci, Yuli Rahmini. 2017. “Perkembangan UMKM Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos 6 (1): 51–58.

Tjiptono, Fandy. 2023. “Strategi Pemasaran,” no. January 2015: 4–5.

Umar, Husein. 2001. No Title. Edited by Sukoco. 1st ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ummatin, Choiru. 2021. “Penciptaan Peluang Bisnis Melalui Inovasi Lahan Produktif Dimasa Pandemi Covid 19.” Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business 1 (1): 95–109.

Wicaksono, Dani Agung. 2022. “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan ( Suatu Kajian Teoritis )” 1 (3): 504–9.

Wilson. 2009. “Pengembangan Atribut Jas Dengan Menganalisis Hubungan Antara Kualitas Jasa, Kepuasan Pelanggan, Dan Niat Membeli Kembali.”

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Anisa Wahyu Safitri, A. W., & Firda Zulfa Fahriani. (2024). Strategi Peningkatan Kualitas Produk dan Penentuan Harga untuk Menumbuhkan Loyalitas Konsumen pada UMKM Jaguar Tas Pos di Kabupaten Tulungagung. Istithmar, 8(2), 166–178. https://doi.org/10.30762/istithmar.v8i2.1113