Pengembangan Usaha Berbasis Ramah Lingkungan Berdasarkan Konsep Triple Bottom Line (Studi Kasus Batik Lochantara)
DOI:
https://doi.org/10.30762/istithmar.v8i1.1007Keywords:
Pengembangan Usaha, Produk ramah lingkungan, Triple bottom lineAbstract
Pencemaran lingkungan merupakan permasalahan yang erat hubungannya dengan suatu kegiatan usaha, salah satu masalah pencemaran adalah limbah cair dari kegiatan pembuatan batik. Solusi untuk mengatasi adalah melakukan usaha dengan konsep ramah lingkungan dengan tidak hanya mementingkan keuntungan semata tetapi juga memperhatikan lingkungan alam serta lingkungan masyarakat. Hal tersebut selaras dengan konsep triple bottom line. CV Bumi Pandji Batik Lochatara merupakan usaha yang melakukan pengembangan konsep ramah lingkungan untuk mewujudkan triple bottom line sehingga peneliti tertarik menganalisis lebih dalam. Metode penelitian yang digunakan kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian ini pengembangan dengan konsep ramah lingkungan berhasil dalam beberapa aspek triple bottom line yaitu pada profit, penjualan meningkat, tidak kekurangan modal, serta penciptaan lapangan pekerjaan, Aspek people memperhitungkan praktek tenaga kerja, hak asasi manusia, dampak masyarakat serta tanggung jawab produk. sisi planet kualitas udara,air, energi yang digunakan, serta hasil limbah mampu dikelola.
References
Agus Sugiarto, Lieli Suharti, C. D. (2021). Green Business Manajemen Bisnis Berkonsep Ramah Lingkungan. gava media 1. https://books.google.co.id/books?id=xh4D0AEACAAJ
Ahmadi Miru. (2020). Hukum Perlindungan Konsumen. PT Raja Grafindo Persada.
Arifin, Z., Ariantini, M. S., Sudipa, I. G. I., Chaniago, R., Dwipayana, A. D., Adhicandra, I., & Ariana, A. A. G. B. (2023). Green Technology : Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=ncS7EAAAQBAJ
Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., Istiqomah, R. R., & Abadi, H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu. https://books.google.co.id/books?id=qijKEAAAQBAJ
Dadang Munandar. (2023). Ecopreunership (Strategi Bisnis Ramah Lingkungan). Cipta Media Nusantara.
Dewi, P. P., & Wardani, W. (2022). Green Accounting, Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Akuntansi, 32(5), 1117. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i05.p01
Dr. Adhianty Nurjanah, M. S. (2022). Komunikasi Csr Dan Reputasi. Samudra Biru. https://books.google.co.id/books?id=e6OiEAAAQBAJ
Endah Rahayu L. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya meraih keunggulan kompetitif. UB Press.
Felisia, & Limijaya, A. (2014). Triple Bottom Line Dan Sustainability. Bina Ekonomi, 18(1), 14–27.
Fuadah, L. L., Yuliani, & Safitri, R. H. (2018). Pengungkapan Sustainablity Reporting di Indonesia (pp. 1–87). https://repository.unsri.ac.id/68493/1/26. Sustainability Reporting di Indonesia Buku lengkap_compressed.pdf
Indrayani, L. (1997). Pengolahan Limbah Cair Industri Batik Sebagai Salah Satu Percontohan Ipal Batik Di. 12(2), 173–184.
Istianah. (2015). Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Hadis. Riwayah, No. 1(2), 249–270.
Jasman Saripudin. (2016). Pengantar Bisnis Edisi Revisi. CV Simphoni Baru.
Lako, A. (2011). Dekonstruksi CSR dan Reformasi Paradigma Bisnis dan Akuntansi. Erlangga.
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=nn0GEAAAQBAJ
Nik Haryati. (2019). Metode Penelitian Ekonomi. Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Pratama, A. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (Untuk Pemerintahan dari Teori ke Praktik). Penerbit Widina. https://books.google.co.id/books?id=vslwEAAAQBAJ
Priyono, Z. I. (n.d.). Teori Ekonomi. Dharma Ilmu.
Radyati, M. R. N. (2014). Sustainable Business & Corporate Social Responsibility (CSR): First Edition, 2014. CECT (Center for Entrepreneurship, Change and Third Sector) Trisakti University. https://books.google.co.id/books?id=IR1bDwAAQBAJ
Rohelmy, F. A., ZA, Z., & Hidayat, R. R. (2015). Efektivitas Penerapan Biaya Lingkungan Dalam Upaya Meminimalkan Dampak Lingkungan (Studi Pada PT. Emdeki Utama). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 2(2), 1–23.
Sari, D. P., Hartini, S., Rinawati, D. I., & Wicaksono, T. S. (2011). Pengukuran Tingkat Eko-efisiensi Menggunakan Life Cycle Assessment untuk Menciptakan Sustainable Production di Usaha Kecil Menengah Batik. Jurnal Teknik Industri, 14(2). https://doi.org/10.9744/jti.14.2.137-144
Sari, E. N., & Aji, G. G. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Batik Lochatara Sebagai Produk Lokal Kediri dalam Upaya Meningkatkan Penjualan. 7, 100–111.
Siagian, T. S., Ningrum, D. A., Nasution, B., & Nasution, A. S. (n.d.). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Usaha Mikro Kecil Menengah. PT Inovasi Pratama Internasional. https://books.google.co.id/books?id=iT2qEAAAQBAJ
Stenzel, P. L. (2010). Sustainability, the Triple Bottom Line and the Global Reporting Initiative. Global EDGE Business Review, 4(6), 2. http://www.sustainability.msu.edu/news_resources /publi
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
SuIistyowati. (2017). Rancang Bangun Dan Nilai Dasar Universal Ekonomi Islam, Istithmar, 1 (2). http://doi.org/10.30762/itr.vli2.
Widhiastuti, A., & Muafi, M. (2022). The Effect Of Environmental Commitment On Circular Economy Implementation. International Journal of Business Ecosystem & Strategy (2687-2293), 4(2), 13–19. https://doi.org/10.36096/ijbes.v4i2.317
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yeni Sintya Wati, Sulistyowati, M. Soleh Mauludin, Sidanatul Janah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.